MovieMovie List

10 Film Yang Gak Boleh Kita Tonton Saat Bulan Puasa

Berikut adalah 10 film yang gak boleh kita tonton saat bulan puasa ini.

Ya, ya. Memang ketika tulisan ini dibuat dan diunggah, ibadah Puasa Ramadhan tersisa 1 minggu lagi. Dan setelah ibadah tersebut, kita yang umat muslim akan merayakan hari kemenangan alias Idul Fitri.

Walau demikian ya tetap saja ketika tulisan ini dibuat dan diunggah, ibadah puasa masih berjalan. Jadi gue rasa daftar ini masih bisa berlaku kevalidannya.

film gak boleh kita tonton saat bulan puasa
The Voyeurs | Amazon Studios

Anyway seperti kita ketahui, dalam menjalankan ibadah puasa pada esensinya kita gak hanya menahan lapar dan dahaga saja. Namun kita juga harus menahan segala macam emosi dan juga sebisa mungkin menghindari kedua mata dari melihat hal yang bisa merusak pahala ibadah puasa.

Nah salah satu caranya adalah dengan memilih-milih konten film yang kita saksikan sebagai teman ngabuburit. Jangan sampai konten film yang kita saksikan malah membuat pahala ibadah puasa menjadi berkurang atau bahkan menjadi bata total.

Berdasarkan pernyataan tersebut, berikut adalah 10 film yang gak boleh kita tonton saat bulan puasa. Walau pembahasan ini gue buat dalam timeline tahun 2022, tapi daftar ini SANGAT BERLAKU untuk kita terapkan pada bulan-bulan puasa selanjutnya nanti.

1. Ted (2012)

film gak boleh kita tonton saat bulan puasa
Ted | Universal Pictures

Film yang gak boleh kita tonton saat bulan puasa yang pertama adalah Ted. Ya, film komedi dewasa ini memang kalau baru melihat poster promosinya saja, kita bakalan ketipu abis.

Namun bagi kita yang sudah tahu dengan sinopsis dan siapa yang membuat filmnya, otomatis kita langsung tahu kalau film ini bakalan NSFW (Not Safe for Work). Ya film ini yang membuat adalah kreator sekaligus pengisi suara multi karakter seri animasi Family Guy (1999-sekarang), Seth MacFarlane.

Jadi gak heran walau premisnya mengenai kisah hidup serta persahabatan antara pria manusia John Bennett (Mark Wahlberg) dengan boneka Teddy Bear-nya yang menjadi hidup, Ted (MacFarlane). Namun filmnya juga banyak menampilkan umpatan (ngomong kotor) dan juga berbagai adegan innuendo seksual.

Ya pokoknya kalau pernah atau sering nonton Family Guy, bakalan paham deh. Jadi ya jangan ketipu banget dengan premis dan tampilan poster atau screenshot-nya ya guys.

2. Chef (2014)

film gak boleh kita tonton saat bulan puasa
Chef | Open Road Films

Film yang gak boleh kita tonton saat bulan puasa selanjutnya adalah film milik aktor sekaligus sutradara, Jon Favreau (MCU) ini. Ya Favreau adalah yang memerankan Happy Hogan di beberapa film MCU.

Nah seperti judulnya, film ini mengisahkan seorang koki yang bernama Carl Casper (Favreau) yang merupakan koki mumpuni. Pokoknya semua masakan yang ia masak terlihat menggiurkan dan juga membuat kita kepingin langsung memakannya.

Selected for you
Lihat Scarlett Johansson dalam Klip Baru Ghost in the Shell

Namun suatu hari karena ia ribut dengan kritikus makanan, Ramsey Michel (Oliver Platt), iapun dipecat dari restorannya. Walau demikian iapun gak lama-lama bersusah dan bersedih. Karena setelahnya, ia membangung bisnis truk makanan (food truck) yang ternyata sukses besar.

Walau kisahnya sangat inspiratif, namun sekali lagi film ini benar-benar menampilkan visualisasi indah dari sebuah menu makanan. Apalagi makanannya enak-enak. Gue jamin setelah nonton ini, kamu bakalan kepingin makan dan makan.

Makanya kalau kamu lagi puasa, Chef sangat “haram” hukumnya untuk kita tonton.

3. X (2022)

X Movie Review
X | The Digital Fix

Ya mungkin inilah satu-satunya film rilisan tahun ini dalam daftar ini. Bahkan X bisa kita katakan masih baru banget perilisannya. Spesifiknya, tanggal 18 Maret 2022.

Film ini berlatar pada tahun 1979 dan mengisahkan kru film dewasa yang pergi ke sebuah rumah sewa di Texas. Tujuannya tentu mereka ingin membuat film dewasa terbaru mereka di rumah sewa tersebut.

Proses pembuatan yang awalnya lancar (walau ada beberapa bumbu konflik juga antara karakternya), tiba-tiba berubah menjadi horor banget. Pasalnya kedua pasangan manula yang menyewakan, ternyata adalah sosok yang benar-benar mengerikan.

Intinya guys, sesuai deskripsi tersebut. Film ini banyak menampilkan unsur pornografi, darah, dan anggota tubuh yang berceceran. Filmnya sih menurut gue secara keseluruhan oke bahkan rating pribadi gue adalah 4 dari 5 bintang.

Tapi walaupun recommended jangan lantas nonton film ini ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Kalau mau, ya tunggu saja hingga atau setelah berbuka puasa.

4. Ghost in the Shell (1995)

Ghost In The Shell Anime Feb
Ghost in the Shell | Nanga Entertainment

Ya guys bukan versi live-action Hollywood 2017 yang menampilkan Scarlett Johansson sebagai Motoko Kusanaginya itu. Walau ya menurut gue film itu lebih baik hindari saja mengingat tampilan kostum CGI Johansson yang juga masih terlihat seksi banget.

Tapi adalah versi film anime orisinilnya inilah yang paling “bahaya.” Karena seperti kita tahu, tampilan Motoko yang esensinya memang bugil ini benar-benar terlihat demikian. Memang kamu bisa mengatakan tidak nafsuan dengan karakter animasi.

Namun seperti yang gue bilang pada awal paragraf. Sebisa mungkin atau bahkan semaksimal mungkin, kita menghindari kedua mata dari hal-hal yang bisa mengurangi pahala ibadah puasa kita,

5. Sausage Party (2016)

Sausageparty
Sausage Party | Sony Pictures Releasing

Senada dengan film Ted. Jangan ketipu dengan format filmnya yang animasi 3D lucu-lucu. Karena Sausage Party adalah film komedi dewasa.

Selain umpatan, film ini juga menampilkan adegan klimaks yang benar-benar sangat konyol seksual. Gue gak mau memberitahukan. Karena selain spoiler berat bagi kamu yang belum nonton, juga sangat gak pantas saja di saat kita sedang menjalankan puasanya sekarang ini.

6. Good Boys (2019)

5f2ba72a945cb
Good Boys | Universal Pictures

Entahlah guys. Kian banyak saja film yang “menipu” kita sebagai film yang aman untuk kita saksikan dengan satu keluarga. Dan tipuannya bisa dengan premis maupun juga tampilan posternya.

Selected for you
Kiper Timnas Tunisia Pura – Pura Cedera, Demi Pemain Lain Bisa Berbuka Puasa!

Good Boys adalah satu lagi contoh penipuannya itu. Film ini mengisahkan 3 sahabat remaja 12-14 tahun, Max (Jacob Tremblay), Thor (Brady Noon), dan Lucas (Keith L. Williams). Mereka pada dasarnya adalah trio yang gak populer di sekolahnya.

Selain itu ketiganya dalam film ini masing-masing kehidupannya sedang kacau. Nah Max naksir berat dengan teman wanitanya, Brixlee (Millie Davis). Iapun bertekad untuk mendapatkan pengalaman ciuman pertamanya (first kiss) dengan Brixle.

Kesempatan tersebut akhirnya akan bisa ia miliki dengan menghadiri pesta yang diadakan teman pria populer sekolahnya, Soren (Izaac Wang). Nah masalahnya sekarang, Max belum pernah yang namanya ciuman.

Akhirnya iapun berinisiatif untuk “latihan” dengan remaja wanita tetangganya Hannah (Molly Gordon). Namun bisa kita terka seluruh usaha ini tidaklah berjalan 100% lancar. Alias banyak banget drama dan halangan sana dan sininya.

Dan dalam halangan-halangan tersebut, kitapun melihat keterlibatan pil ecstasy, omongan kotor, dan beberapa adegan berkonten dewasa. Ya intinya Good Boys lebih pantas kita beri judul Bad Boys. Dan intinya juga, hindari dulu film ini selama menjalani puasa.

7. The Voyeurs (2021)

960x0
The Voyeurs | Amazon Studios

Film yang gak boleh kita tonton saat bulan puasa selanjutnya adalah The Voyeurs yang merupakan produksi dan distribsi dari Amazon Prime Video.

Filmnya menampilkan duet keren dan seksi antara Justice Smith (Pokemon: Detective Pikachu) dan Sydney Sweeney (Euphoria). Well, sepertinya dengan melihat nama Sweeney, sudah lebih dari cukup informasinya. Karena rata-rata film Sweeney akan menampilkan ia melakukan adegan buka-bukaan.

Tak terkecuali juga ketika ia memerankan karakter bernama Pippa dalam film ini. Pokoknya ia banyak banget buka baju dan melakukan adegan hubungan intimnya. Plot filmnya sendiri juga pada esensinya adalah tentang pasangan suami istri yang hobi mengintip jendela rumah orang lain.

Filmnya sih bagi gue oke kok. 3.5 atau bahkan 4 dari 5 bintang sih. Twist filmnya juga lumayan tak terduga. Tpai ya itu tadi, nontonnya ketika sedang buka puasa saja oke?

8. Selesai (2021)

33599 Sinopsis Film Selesai1
Selesai | Bioskop Online

Satu-satunya film drama dengan sedikit bumbu komedi asal Indonesia dalam daftar ini. Gue yakin pastinya banyak dari kalian yang sudah nonton film ini.

Namun bagi yang belum, Selesai mengisahkan kedua pasangan suami istri, Broto (Gading Marten) dan Ayu (Ariel Tatum) yang menjadi rusak Praha rumah tangganya. Hal ini karena adanya kehadiran orang ketiga, Anya (Anya Geraldine).

Sekilas plot tersebut adalah layaknya plot kebanyakan film atau sinetron Indonesia. Tapi yang membuat film arahan Tompi ini sedikit berbeda adalah presentasinya. Ya film ini lumayan berani menampilkan percakapan dan adegan yang berkonotasi seksual.

Makanya kala rilis, film ini menjadi kontroversi banget. Bahkan banyak warganet yang kala itu mengatakan kalau film ini merendahkan wanita.

9. Mullholand Drive (2001)

2405
Mullholand Drive | Universal Pictures

Nah gak seperti film-film sebelumnya dalam daftar ini. Untuk film surealis neo-noir karya David Lynch (Eraserhead) ini gue sertakan karena alasan pencernaan kita sebagai audiens terhadap ceritanya.

Selected for you
5 Negara dengan Durasi Puasa Terpanjang di Dunia

Film ini memang sekilas mengenai Betty Elms (Naomi Watts) yang datang ke Hollywood Hills untuk mewujudkan mimpinya menjadi aktris film. Tapi suatu hari ia bertemu dengan wanita amnesia yang kemudian Betty beri nama Rita (Laura Ellena Harring).

Ya kamu gak salah baca. Nama Rita adalah nama pemberian Betty ke wanita ini pasalnya teman wanita barunya ini tidak ingat dengan namanya sama sekali. Nah keduanya pun lantas mengalami drama dan konflik ini dan itu yang penceritaannya benar-benar terlihat dan terasa abstrak.

Eb20011012reviews110120304ar
Universal Pictures

Pokoknya dalam mencerna ceritanya memang harus konsentrasi keras. Karena plot ini bagaikan sebuah lukisan abstrak. Bahkan Lynch saja sadar kalau banyak audiens yang bingung dan gak ngeri 100% dengan filmnya ini.

Alhasil, ia sampai memberikan special feature untuk rilisan VHS dan DVD film ini. Spesifiknya, special feature-nya bernama “David Lynch’s 10 Clues to Unlocking This Thriller.” Seusai namanya, fitur spesial ini bertindak sebagai suplemen penjelas dari keseluruhan kisah filmnya ini.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka gak heran sekali lagi jika Mulholand Drive masuk daftar ini. Pasalnya seperti kita ketahui, berpikir mengeluarkan banyak energi kita. Apalagi ketika berpikir untuk memecahkan yang sulit-sulit.

Nah apabila kamu nonton film ini ketika sedang berpuasa, bisa kamu pastikan energi yang kamu keluarkan akan banyak banget. Alhasil, kamu akan menjadi haus dan kelaparan bahkan, bisa saja lemas sendiri.

10. White Chicks (2004)

0fa3930cb3b2556d87721e7cb319488d Md
White Chicks | Sony Pictures Releasing

Film yang gak boleh kita tonton saat bulan puasa yang terakhir adalah film komedi cult classic dekade 2000an ini. Dan gue yakin banyak banget dari kamu yang pastinya sudah nonton film karya Keenen Ivory Wayans (A Low Down Dirty Shame) ini.

Nah karena sudah nonton, jadi kamu juga pastinya bisa menerka kenapa film ini masuk daftar. Ya, komedi ini tidak hanya menampilkan pria yang menyamar menjadi wanita. Namun filmnya juga menampilkan banyak omongan dan unsur rasis dan seks yang kuat.

Memang sih masih dalam rana yang lumayan aman. Tapi tetap saja ukurannya sangat tidak elok kalau kita menyaksikannya ketika sedang menjalankan puasanya. Kalau kamu niat nonton ini hanya untuk ketawa-ketawa saja, well masih ada banyak film komedi yang lebih aman bukan?

Juga kalau kamu nonton White Chicks cuma untuk mengulang-ulang adegan lip-sync lagu A Thousand Miles’ milik Vanessa Carlton itu. Well, lebih baik langsung saja simak video adegannya di Youtube saja.

Nah itulah tadi 10 film yang gak boleh kita tonton saat bulan puasa. Semoga rekomendasinya bermanfaat dan semoga kalian terus diberikan kekuatan serta kesehatan untuk bisa menjalankan ibadah puasanya hingga selesai nanti.

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications