Kucumbu Tubuh Indahku Jadi Perwakilan Indonesia di Oscar

in , ,
Kucumbu Tubuh Indahku Oscar

Sepanjang pekan ini, terdengar kabar bahwa Indonesia sedang mencari film yang cocok ditandingkan dalam ajang bergengsi Academy Awards. Beberapa judul film yang muncul di antaranya adalah Kucumbu Tubuh Indahku, Ave Maryam, dan 27 Steps of May.

Di Oscar ini, banyak negara yang mengirimkan film kandidatnya untuk masuk kategori Best Foreign Language Film. Nah, dari ketiga judul di atas, film mana sih yang bakal menjadi perwakilan Indonesia?

Kucumbu Tubuh Indahku Akan Wakilkan Indonesia

Kucumbu Tubuh Indahku

Pada 17 September lalu, komite seleksi film Indonesia telah menentukan pilihannya. Lala Timothy yang merupakan salah satu anggota komite menyampaikan keputusan akhir.

“The Indonesian Academy Awards Selection Commitee 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku produksi Four Colours Films sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi 92nd Academy Awards kategori International Feature Film Awards 2019,” ungkap Lala.

JANGAN LEWATKAN •
Joker Bakal Dirilis Ulang Demi Nominasi Oscar

Film ini dipilih karena sudah sesuai dengan pedoman pelaksanaan International Feature Film Awards 2019 serta regulasi dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). “Kami telah melakukan penilaian dengan seksama berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan,” sambung Lala.

Film arahan Garin Nugroho ini sempat menuai kontroversi karena mengandung unsur LGBT. Beberapa daerah juga melakukan boikot agar film ini tidak tayang di bioskop.

Kucumbu Tubuh Indahku dibintangi oleh Muhammad Khan, Sujiwo Tejo, dan Randy Pangalila, tayang perdana pada 18 April 2019.