Berita FilmBerita MusikDrakorMovieMusik

Sinopsis Burning Sun, Film Viral yang Ungkap Skandal Kpop

Film Burning Sun telah menjadi trending dan viral karena ungkap para idol Kpop yang terlibat skandal, berikut adalah sinopsis filmnya.

Sinopsis film Burning Sun menampilkan dua jurnalis menjadi tokoh utama yang pertama kali mengungkap skandal tersebut. Bahkan, film ini juga menggambarkan percakapan dalam grup chat para idol KPop yang terlibat dalam skandal.

Skandal terbesar dalam industri KPop memang kembali menjadi topik pembicaraan setelah BBC merilis film dokumenter Burning Sun pada hari Minggu (19/5). Setelah film tersebut rilis, perhatian pun kembali tertuju pada Seung Ri, mantan anggota Big Bang.

Burning Sun telah menjadi skandal yang paling mencengangkan di dunia industri KPop. Kasus ini pertama kali terungkap pada tahun 2019 dan melibatkan beberapa nama terkenal di dunia idola KPop, seperti Seung Ri mantan anggota Big Bang, Jung Joon Young, Choi Jong Hoon mantan anggota FT Island, dan sebagainya.

Setelah sekitar enam tahun berlalu, orang-orang yang terlibat dalam kasus tersebut mulai muncul di hadapan publik dan kasus ini menjadi perbincangan kembali.

BBC merilis sebuah film dokumenter yang menceritakan kisah tersebut melalui sudut pandang dua jurnalis perempuan yang pertama kali mengungkap skandal tersebut.

1. Sinopsis Film Burning Sun

Kasus Molka

Sinopsis Burning Sun, Film Viral yang Ungkap Skandal Kpop
Image: BBC World Service

Film dokumenter Burning Sun membahas dua kasus penting. Yang pertama adalah kasus Molka yang melibatkan Jung Joon Young pada tahun 2016.

Molka adalah istilah dalam bahasa Korea yang digunakan untuk merujuk pada tindakan mengambil foto atau video yang eksplisit secara diam-diam dan tanpa izin.

Munculnya kasus Molka telah mengungkapkan skandal besar yang disebut sebagai Burning Sun. Burning Sun sendiri merupakan sebuah klub terkenal di daerah Gangnam. Seung Ri memegang jabatan sebagai salah satu direktur di tempat tersebut.

Dalam film Burning Sun, Park Hyo Sil, seorang jurnalis, menceritakan bagaimana ia pertama kali mengungkap skandal Molka. Ketika berita tentang Jung Joon Young yang terlibat dalam kasus Molka menjadi headline.

Ternyata, Park Hyo Sil menghadapi risiko yang sangat besar dengan apa yang ia lakukan. Terlebih lagi, pada saat itu Jung Joon Young adalah seorang artis yang terkenal.

Hyo Sil mengalami tekanan, komentar jahat, ancaman, dan bahkan ancaman pembunuhan. Akibatnya, Hyo Sil mengalami stres yang begitu parah sehingga mengakibatkan dua kali keguguran.

Bintang Kpop yang terlibat

Sinopsis Burning Sun, Film Viral yang Ungkap Skandal Kpop
Image: Jung Joon Young/Wow Keren

Kang Kyung Yoon, reporter SBS kemudian menuturkan laporannya dalam film Burning Sun, ia melanjutkan langkah yang sebelumnya Park Hyo Sil lakukan.

Kang Kyung Yoon berhasil memperoleh salinan percakapan dari ponsel Jung Joon Young. Selain pesan di grup, terdapat juga gambar dan video yang berisi konten vulgar. Para korban tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual.

Akhirnya, beberapa artis KPop seperti Choi Jong Hoon dari FT Island dan Seungri dari Big Bang juga terlibat dalam skandal ini. Skandal Molka juga berhubungan dengan kasus Burning Sun yang akhirnya terungkap.

Menurut laporan dari reporter Kang Kyung Yoon, Goo Ha Ra, yang memiliki hubungan dekat dengan Choi Jong Hoon, mengungkapkan bahwa ia telah menemukan hal-hal yang mencurigakan di ponsel beberapa selebriti KPop.

Mendiang Ha Ra meminta Choi Jong Hoon untuk bertemu dengan reporter Kyun Yoon. Berkat permintaan Ha Ra tersebut, reporter Kyun Yoon merasa sangat terbantu dalam proses penyelidikan dan peliputan beritanya.

Setelah Kyung Yoon menemukan bukti, dia segera membuat berita terkait kasus tersebut. Akibat berita tersebut, para korban menjadi berani untuk mengungkapkan pengalaman mereka.

Setelah melalui proses peradilan, pelaku yang terbukti melakukan kesalahan kemudian mendapat hukuman, antara lain:

  • Jung Joon Young dihukum 5 tahun penjara atas pemerkosaan dan kasus molka
  • Choi Jong Hoon dihukum penjara 2,5 tahun atas kasus pemerkosaan
  • Seung Ri dihukum 18 bulan atas kasus molka, penggelapan, narkoba dan bisnis prostitusi.

2. Nonton film Burning Sun

Burning Sun
Image: BBC World Service

Setelah mengetahui ringkasan cerita film Burning Sun, sekarang waktunya untuk menonton film tersebut secara langsung.

Caranya sangat mudah karena film ini dapat kamu tonton secara gratis di saluran YouTube BBC World Service.

Cukup akses YouTube dan kunjungi kanal BBC World Service. Temukan film yang berjudul Burning Sun: Exposing the Secret K-Pop Chat Group.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks