Film InternationalMovieMovie List

Sebelum Nonton The First Omen, Ini Urutan Film The Omen

Sebenarnya kita bisa nonton The First Omen tanpa harus nonton urutan film The Omen, tapi sepertinya rugi kalau gak nonton dari awal.

Sebelum kamu nonton The First Omen, mungkin sebaiknya kamu perlu tahu urutan nonton film The Omen seperti apa.

The First Omen mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 3 April 2024. Film ini termasuk dalam genre horor yang menggabungkan unsur supranatural dan psikologis, dan merupakan prekuel dari kisah horor ikonik, The Omen, yang rilis pada tahun 1976.

Jika kamu berencana untuk menonton film produksi Arkasha Stevenson ini, sebaiknya kamu menonton film sebelumnya terlebih dahulu. Ada beberapa judul dalam franchise film The Omen yang dapat membantu kamu memahami lebih dalam film horor berdurasi 119 menit tersebut.

Urutan nonton film The Omen

1. The Omen – 1976

urutan film the omen
Image: IMDb

Pada tahun 1976, film horor The Omen rilis untuk pertama kalinya. Film ini mengisahkan tentang tragedi yang dialami oleh sepasang suami istri, yaitu Robert Thorn (Gregory Peck) dan Katherine (Lee Remick). Mereka mengalami kehilangan anak pertama mereka hanya beberapa jam setelah kelahirannya.

Dokter kemudian memberitahu Katherine bahwa ia tidak dapat lagi memiliki anak. Menerima saran dari seorang pastur, Robert kemudian setuju untuk mengadopsi seorang bayi di rumah sakit tanpa sepengetahuan Katherine. Robert juga memutuskan untuk tidak memberi tahu Katherine tentang kematian bayi mereka.

Damien (Harvey Spencer Stephens) adalah nama yang mereka berikan pada bayi itu. Setelah lima tahun, situasi keluarga Robert menjadi lebih baik. Namun, serangkaian peristiwa aneh bermula ketika pengasuh Damien memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Pada suatu hari, Pastor Brennan (Patrick Troughton) mengungkapkan kepada Robert tentang kejadian yang menimpa Damien.

Katherine pun mulai merasa curiga terhadap perilaku anaknya sendiri. Pasalnya, Damien telah melakukan beberapa tindakan aneh seperti menolak pergi ke gereja dan hewan-hewan di kebun binatang terlihat takut padanya.

Situasinya semakin kompleks karena Pastor Brennan bersikeras untuk segera mengakhiri nyawa Damien.

2. Damien: Omen II – 1978

Damian: Omen II
Image: DisneyPlus

Urutan film The Omen ialah Damien: Omen II, menceritakan lanjutan cerita film pertamanya. Film ini rilis pada tahun 1978 dan mengisahkan tentang Damien Thorn (Jonathan Scott-Taylor) yang ternyata masih hidup.

Seorang ahli arkeologi meminta bantuan temannya, Michael Morgan, untuk mengirimkan sebuah kotak kepada wali baru yang bernama Damien, sekaligus memberitahukan bahwa Damien adalah sosok yang bertentangan dengan Kristus. Kotak tersebut berisi tujuh belati yang perlu digunakan untuk mengakhiri nyawanya.

Tidak beruntung, sebelum berhasil mengirim kotak tersebut, sang arkeolog dan Michael meninggal dalam kejadian bangunan yang runtuh.

Setelah tujuh tahun berlalu, Damien, yang saat itu berusia 12 tahun, hidup bahagia bersama keluarganya. Namun, ada beberapa anggota keluarga yang tidak menyukainya. Orang-orang yang membenci Damien itu mulai meninggal secara tiba-tiba.

Setelah beberapa waktu berlalu, kotak yang dimiliki oleh arkeolog yang sudah meninggal, yang berisikan 7 pisau belati untuk membunuh Damien juga berhasil ditemukan.

3. Omen III: The Final Conflict – 1981

urutan film the omen
Image: Offscreen

Kembali menceritakan kisah hidup Damien Thorn (Sam Neil), anak laki-laki keturunan Lucifer yang sudah dewasa, trilogi The Omen yang berjudul Omen III: The Final Conflict tidak mengungkapkan bagaimana Damien melanjutkan hidupnya setelah kehilangan kedua ayah angkatnya.

Saat ini Damien sedang mencapai puncak karirnya. Ia berusaha mendapatkan posisi Dubes Amerika di Inggris, sehingga dengan kekuasaan jahatnya, ia menyebabkan kematian Dubes yang sedang bertugas.

Sebaliknya, terlihat bahwa 7 pisau belati yang dapat menghabisi Damien telah dilelang kepada 7 pastor yang berbeda. Tanpa diketahui siapa pun, ketujuh pastor tersebut merencanakan pembunuhan Damien dengan menggunakan pisau mereka.

4. The Omen IV: Awakening

Omen IV
Image: IMDb

Film The Omen franchise keempat mengisahkan tentang seorang anak kecil yang tubuhnya dihuni oleh jiwa keturunan iblis atau Anti Kristus.

Kisah ini berfokus pada Gene (Michael Woods), seorang anggota kongres, dan Karen (Faye Grant), seorang pengacara, yang memutuskan untuk mengadopsi seorang putri dari panti asuhan.

Setelah tujuh tahun berlalu, Della (Asia Vieira), putri mereka, mulai menunjukkan perilaku aneh. Orang-orang di sekitarnya juga menghadapi serangkaian kejadian kematian yang misterius, termasuk tetangga mereka dan pengasuh mereka.

Orang tua Della yang sibuk dengan pekerjaan mereka mulai mempekerjakan seorang detektif untuk mengungkap latar belakang Della. Sejak saat itu, rahasia Della mulai terbongkar.

5. The Omen – 2006 (Remake)

urutan film the omen
Image: IMDb

Film The Omen produksi Glenn Williamson yang rilis pada 2006 merupakan versi baru dari film aslinya. Plot dan konflik yang ada dalam film ini sama seperti versi sebelumnya. Satu-satunya perbedaan adalah pemain yang berperan dalam film ini.

Menceritakan Robert (Liev Schreiber) yang mengambil seorang bayi dari rumah sakit tanpa sepengetahuan istrinya (Julia Stiles). Keputusan tersebut diambil setelah mereka berdua kehilangan bayi mereka segera setelah lahir.

Setelah itu, Robert dan Katherine memberikan nama Damien kepada anak mereka (Seamus Davey-Fitzpatrick). Namun, kebahagiaan keluarga mereka hancur ketika berbagai peristiwa aneh mulai terjadi.

Tidak hanya itu, situasi semakin rumit ketika Pastor Brennan (Pete Postlethwaite) tiba dan mengungkapkan latar belakang Damien.

6. The First Omen – 2024

The First Omen
Image: IMDb

Film ini akan mengisahkan asal-usul lahirnya Damien, sosok iblis atau Anti Kristus, yang merupakan prekuel dari kisah The Omen (1976).

Kisah dimulai dengan perjalanan Margaret Daino (Nell Tiger Free) yang berusaha menjalankan tugas agamanya di sebuah gereja.

Akan tetapi, yang ia temui bukanlah peningkatan spiritual, melainkan kehadiran yang menakutkan. Margaret diganggu oleh kegelapan yang ditandai dengan kehadiran burung gagak di sekitarnya.

Keberadaan simbol-simbol kegelapan yang terus muncul telah membuat Margaret meragukan imannya dan kepercayaannya pada gereja yang ia layani.

Keraguan ini semakin menguat dan membuatnya bingung, namun ia tetap yakin bahwa ada konspirasi jahat yang terjadi di gereja tersebut.

Related Posts