5 Album The Beatles Yang Keren dan Pionir Sepanjang Masa

in ,
Album The Beatles keren
Album The Beatles | Ultimate Classic Rock

Inilah 5 album The Beatles yang keren, terbaik, dan pionir bagi seluruh industri musik dunia.

Rasanya gue dan semua yang memang pecinta musik sejati, sudah “cape” rasanya untuk memuja The Beatles sebagai sosok grup musik legendaris sepanjang masa.

39219505 303
DW

Bagaimana tidak? Karena John Lennon cs, adalah yang merubah total wajah musik Pop, Rock N’ Roll, Blues, Heavy Metal, heck bahkan psychedelic. Intinya, The Beatles = Musik. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka tidak heran jika seluruh rilisan album mereka keren dan legendaris semua. Bahkan sekali lagi, PIONIR.

Namun dari rilisan 13 album utamanya, berikut adalah 5 album The Beatles yang keren, terbaik, dan pionir banget.

5. Rubber Soul (1965)

Album The Beatles yang keren, terbaik, dan pionir pertama adalah favorit seluruh Beatlemania bahkan yang biasa sekalipun ini.

JANGAN LEWATKAN •
Biopik Mantan Manajer The Beatles, Brian Epstein Sedang Dikembangkan

“Favorit kok posisi bontot?” Well, ini adalah daftar yang bersifat subyektif alias yang penulis favoritin. Dan bagi gue Rubber Soul keren, mantap, pionir. Tapi sayangnya bukan ini yang menjadi nomor 1.

Tapi tetap saja Rubber Soul adalah album pionir yang paling influensial gak hanya bagi sejarah musik, namun juga keseluruhan musik dan image John Lennon cs ke depannya.

Bagaimana tidak? Rubber Soul yang juga adalah album ke-6 Beatles, adalah album yang menjadi gerbang pembukaan bagi The Beatles untuk secara perlahan melakukan transisi konsep dan citra musik mereka selama ini yang dikenal melalui genre Rock N’ Roll nya.

Melalui Rubber Soul sound The Beatles sudah membubui habis-habisan musik mereka dengan unsur R&B, Folk, dan semi adult contemporary (ya setidaknya itu yang gue denger).

Selain itu, melalui album inilah akhirnya mereka (khususnya Lennon), sudah mulai menunjukkan kedewasaannya dalam berlirik. Spesifiknya dari yang sebelumnya gak jauh-jauh dari cinta-cintaan remaja saja, kini mereka mulai membicarakan berbagai masalah hidup berat.

JANGAN LEWATKAN •
15 Lagu Cover Yang Lebih Enak Dari Versi Orisinil nya

Oh ya hampir lupa, gara-gara Rubber Soul jugalah, yang akhirnya membuat grup top Amerika Serikat kala itu, The Beach Boys, merilis album top mereka, Pet Sounds (1966).

Dan berkat hal tersebutlah yang akhirnya membuat Beach Boys kala itu menjadi rival berat Beatles dan bukan rekan / rival sesama Inggris mereka, The Rolling Stones.

Trek Terkeren: Norwegian Wood, Girl, In My Life, I’m Looking Through You

4. Let it Be (1970)

Bahkan melalui album terakhirnya ini, The Fab Four, masih bisa menunjukkan tajinya. Ya tapi itulah The Beatles.

Sebenarnya secara keseluruhan musiknya, tidak ada yang terlalu pionir banget. Esensinya, Let it Be hanya tinggal memantapkan influens sound Blues dan semi alternatif yang mereka terapkan di album sebelumnya, Abbey Road (1969).

Tapi WOW! Pemantapan yang dilakukan benar-benar terasa mantap dan matang. Dan gilanya, pemantapan ini mereka lakukan di kala mereka semua sudah tidak menjadi grup sutuh dan seakur dulu. Semaunya sudah masing-masing banget pokoknya. GOKIL!

JANGAN LEWATKAN •
Juice WRLD Sukses Menyamai Rekor Yang Dipegang The Beatles

Trek Terkeren: I’ve Got A Feeling, One After 909, Get Back, Dig a Pony

3. The Beatles aka The White Album (1968)

Album The Beatles yang keren, terbaik, dan pionir selanjutnya adalah album yang juga berjudul The Beatles ini.

Selain pionir karena kian mengeksplorasi pengaruh unsur musik India psikadelia yang sebelumnya diterapkan di Revolver, melalui album ini mereka juga sudah mulai menerapkan influnes Blues yang WOW!

Oh ya satu hal lagi, The White Album bisa dikatakan adalah album ganda (double album) yang paling pertama dan paling laris sepanjang masa. Dari 5 album di daftar ini (walau suka semuanya), adalah The White Album dan posisi satu daftarnya yang merupakan album The Beatles favorit gue sepanjang masa.

Trek Terkeren: Happiness is a Warm Gun, Back in the U.S.S.R, While My Guitar Gently Weeps, I Will, Yer Blues, Helter Skelter, Revolution 1, Savoy Truffle

JANGAN LEWATKAN •
20 Lagu The Beatles Bagi Kamu Yang Pendatang Baru

2. Revolver (1966)

Rubber Soul memang gerbang pembuka bagi The Beatles untuk mengubah sound mereka menjadi lebih beda dan dewasa. Namun pemantapannya ya di Revolver ini.

Melalui Revolver, The Beatles benar-benar banting setir. Gak ada lagi sound Pop-Rock khas mereka yang membuat kita dansa-dansa itu. Semuanya tergantikan dengan sound psychedelic dan juga kematangan yang lebih jauh lagi.

Selain merubah total wajah musik Beatles, sound yang diusung oleh Revolver, juga kian memajukan perkembangan budaya penggunaan LSD dan juga Flower Generation yang gila-gilaan kala itu.

Trek Terkeren: She Said She Said, Tomorrow Never Knows, Gotta Get You Info My Life, For No One, Yellow Submarine, Here There & Everywhere

1. Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (1967)

Dan inilah album The Beatles yang keren, terbaik, dan pionir sepanjang masa. Walau Lennon bagi gue dan beberapa adalah sosok jenius dan rebel Beatles, namun rekan abadinya, Paul McCartney jugalah sosok yang sama.

JANGAN LEWATKAN •
Mungkinkah The Beatles Balik Lagi Seandainya John Lennon Masih Hidup?

Bahkan daripada Lennon, McCartney lah yang dianggap sebagai hit maker dan kerap memiliki ide brilian padahal, awal idenya sangat simpel nan sederhana. Dan ide brilian tersebut tercerminkan melalui album ini.

Bayangin aja guys. Pada dasarnya Sgt. Pepper’s adalah album yang tercipta karena 2 faktor simpel tapi relatable. Pertama adalah keinginan Paul dan rekan untuk menciptakan sound baru dan tetap ingin terlihat “anonimus”.

Maksud anonimus, adalah Paul cs tetap ingin bermusik (mengeluarkan album) walau mereka sudah gak melalukan tur / konser lagi seperti dulu. Belum lagi pengaruh LSD dan eksplorasi sound avant garde.

Nah dengan kesemua bahan-bahan tersebut, Paul pun berinsiatif untuk menciptakan karakter band bernama Lonely Hearts Club Band dengan penyanyi utamanya adalah Billy Sheer, dan Sgt. Pepper’s ini sebagai albumnya.

Gampangnya lagi di mata Paul walau yang mengeluarkan album ini The Beatles dan masih memakai nama Beatles di cover album, mereka semua menganggap kalau album ini ya keluaran band Lonely Hearts dengan Billy Sheer-nya. Paham bukan?

JANGAN LEWATKAN •
5 Aktor Yang Hampir Memerankan Karakter Ikonik The Lord of the Rings

Alhasil, semua kegilaan ini membuat album Sgt. Pepper’s menjadi album terkeren, tergila, terambisius, dan “ter, ter” yang lainnya.

Trek Terkeren: Sgt.Pepper’s Lonely Hearts Club Band, A Day in the Life, When I’m 64, Lucy in the Sky With Diamond

Gak heran makanya pada tanggal 26 Mei 2017 lalu, untuk merayakan 50 tahun albumnya, Sgt. Pepper’s dirilis ulang. Dan sama seperti versi orisinilnya 5 dekade lalu, album ini lagi-lagi laris manis tanjung kimpul. Nah dari 5 album ini, yang manakah yang kalian favoritkan?