30 Lagu Terkeren 2010an: Dekade Futuristik Retrospektif

in ,
30 Lagu Terkeren 2010an
Billie Eilish | Tampa Bay Times

Kita sering mendengar kalau lagu-lagu yang memasuki dekade 2010an alias “lagu sekarang”, tidak ada yang enak atau sangat membosankan.

Padahal, selain gak semuanya gitu, juga kalau kamu perhatiin, hampir sebagian besar lagu di dekade ini (yang lalu berlanjut hingga sekarang, 2020) memiliki konsep sound yang kalau gw kasih istilahnya, Futuristik Restropektif.

Maksudnya, kebanyakan lagu memiliki sound yang walau melalui proses pembuatan dengan teknologi moderen, namun mengedepankan / mengambil inspirasi sound lagu jadul. Jadul disini juga termasuk dekade 90 dan 2000an.

Alhasil seperti yang gue bilang, banyak juga lagu-lagu dari dekade-nya yang keren-keren. Namun dari semua yang keren tersebut, berikut adalah 30 diantaranya.

30. Lewis Capaldi – Someone You Loved (2018)

Gak dipungkiri sangat susah banget bagi penyanyi solo pria baru untuk langsung bisa mencuri perhatian pendengar. Terlebih jika lagu yang dijagokannya adalah lagu ber-genre love song / mellow.

Karena ya selain udah bejibun penyanyi solo mellow di luar sana, juga let’s face it guys. Genre mellow, kerap dianggap ngebosenin banget. Tapi untunglah keponakan aktor seri Doctor Who, Peter Capaldi ini, sadar akan hal tersebut.

Ya emang sih “Someone You Loved” memiliki komposisi mellow pada umumnya. Namun dikarenakan lagunya memasukkan elemen opening intro modifikasi lagu hit Journey, “Don’t Stop Believin” (1981) dan vokal Capaldi yang emang unik banget, alhasil membuat lagunya terdengar beda dan enak banget.

29. Ariana Grande and Nathan Sykes – Almost is Never Enough (2013)

Juga menjadi soundtrack resmi dari The Mortal Instruments: City of Bones (2013), gak heran jika gue masukin lagu ini daripada lagu-lagu hit Grande lainnya.

“Almost is Never Enough” memiliki influens irama slow R&B 90an / awal 2000an yang sangat kental. Yang alhasil membuat lagu ini ketika didengar, membuat kita kembali ke masa-masa SMP dan SMA yang indah itu.

28. Ellie Goulding – Lights (2011)

Kalau dipikir, lagu yang tema liriknya mengisahkan rasa paranoia terhadap kegelapan sangatlah biasa atau bahkan bagi beberapa, “childish” banget.

Alhasil, kitapun dari awal akan menduga kalau lagunya akan biasa atau freakish banget. Tapi ini Ellie Goulding saudara-saudra. Sosok musisi wanita berbakat di dekade-nya.

Dengan kemumpuniannya sebagai musisi, lagu bertema sederhana tersebut, menjadi terdengar sangat hidup, terang, dan tentunya adiktif banget di kedua telinga.

27. Selena Gomez – Bad Liar (2017)

WOW ini lagu 2017? Sumpah kerasanya kayak baru kemaren rilis aja loh guys! Anyway, lagu-lagu Selena Gomeze pasca ia merilis album Revival (2015), bisa dikatakan jauh lebih sedap di kedua telinga.

Jauh lebih dancy, eksperimental, dan tentunya menampilkan vokal Gomez yang terdengar jauh lebih dewasa dan sultry. Dan setelah 2 tahun absen, penyanyi cantik asal Texas, AS ini, merilis lagu yang sayangnya cuma dijadiin single doang (gak dimasukin juga di album baru).

Tapi ya gak masalah juga sih. Pasalnya, “Bad Liar” emang memiliki komposisi melodi yang terdengar seperti dikomposisi oleh Pharrell Williams yang alhasil, terdengar sangat enak banget di kedua telinga.

26. Ella Mai – Boo’d Up (2018)

Ayo bagi kamu yang remajanya dekade 90an, ngaku deh. Pasti ketika dengar lagu vokalis Inggris ini, langsung kaget banget. Gue aja juga kaget banget loh!

Karena “Boo’d Up” selain memiliki judul slang kulit hitam yang unik, juga komposisi musiknya benar-benar bernuansa genre R&B 90an. Pokoknya bagi kamu yang emang pernah merasakan kejayaan dekade tersebut, wajib deh dengerin lagu ini.

25. Beyonce – Love On Top (2011)

Kayaknya gue gak perlu panjang lebar ngejelasin kenapa lagu Beyonce ini gw masukin di daftar ini.

Tapi bagi kamu yang kurang mengerti, gue kasih 6 kata aja: Ganti kunci nada sampai 4 kali. Sekian dan good luck untuk bisa menyanyikan lagunya seperti Queen Bey.