Daftar MusikMusik

5 Lagu Terkeren di Album Rilisan Terakhir The Beatles, Let it Be

Inilah 5 lagu terkeren di album rilisan terakhir The Beatles, Let it Be.

Bagi kita-kita yang Beatlemania, pastinya kini sudah gak sabaran banget menunggu penayangan The Beatles: Get Back di Disney Plus.

Ya, The Beatles: Get Back merupakan 3 parts seri dokumenter yang akan tayang dari tanggal 25 hingga 27 November 2021. Seri dokumenter ini bisa dikatakan merupakan penyempurnaan sekaligus versi baru dari film dokumenter Let it Be milik Michael Lindsay- Hogg yang rilis tahun 1970.

the beatles let it be
IMDB

Disutradarai oleh sutradara franchise film Lord of the Rings, Peter Jackson. The Beatles: Get Back akan menyorot masa-masa akhir pra-bubarnya band pionir musik modern ini. Dan sebagian besar fokus filmnya, akan menyorot The Beatles yang sibuk mengerjakan lagu-lagu hit barunya kala itu.

Yang mana kemudian, lagu-lagu tersebut dirilis dalam album Let it Be pada tahun 1970 pasca mereka sudah bubar. Nah untuk menyambut perilisan seri tersebut, yuk mari kita kilas balik dan cari tahu, 5 lagu terkeren yang terdapat dalam album Let it Be-nya.

Seperti biasa kelima lagu dalam daftar ini bersifat SUBYEKTIF.

Lagu Terkeren di Album The Beatles, Let it Be

5. One After 909

Lagu terkeren di album Let it Be milik The Beatles yang pertama adalah lagu berirama rock n’ roll dengan sentuhan sound bluesy ini.

Lagu ini memiliki kisah lirik yang sangat relatable. Jadi lagu ini mengisahkan wanita yang ingin pergi dengan kereta api dengan nomor keretanya (atau gerbongnya) yang setelah nomor 909 (bisa 910 atau 911).

Nah pria yang menjadi pacar wanitanya ini tidak ingin ia pergi. Namun si wanita tetap kukuh banget. Alhasil si pria pun berinisiatif untuk menyusulnya ke stasiun. Sayang sampai di sana, si pria salah menduga nomor keberangkatan keretanya (atau nomor gerbongnya).

Ya kisahnya memang sangat sederhana, konyol, dan miris. Namun di tangan John Lennon dan sedikit dari Paul McCartney, kesederhanaan lirik tersebut berubah menjadi lirik dan lagu bluesy rock dan juga roots rock yang luar biasa asyik.

4. Let it Be

Lagu terkeren di album Let it Be milik The Beatles selanjutnya adalah lagu balada yang juga menjadi judul albumnya ini.

Lagu balada cinta ini benar-benar sangat adem namun tetap terasa grande. Hal ini tentunya dikarenakan komposisi musiknya yang sangat seru nan menggugah emosi kita.

Terinspirasi dari mimpi Paul yang bertemu dengan almarhum ibunya, Mary Patricia McCartney. Dalam mimpinya, si ibu (yang kemudian di lirik lagunya disebut dengan “Mother Mary”) memberikan wejangan ke Paul yang kala itu sedang stres dengan The Beatles.

Sebagai pengingat saja dari tahun 1968, The Beatles memang sudah dalam masa-masa perpecahan. Jadi wajar jika Paul stres berat. Dalam mimpinya Mary mengatakan ke Paul, “It will be all right, just let it be.”

Atau kalau kita terjemahkan, Mary mengatakan ke Paul untuk tenang saja dan biarkan saja semuanya mengalir dengan sendirinya. Dan yap hal ini sukses membuktikan kalau wejangan sang ibu kandung, walau hanya lewat mimpi, masih sangat tokcer untuk memberikan kesuksesan ke buah hati tercintanya.

3. Get Back

Lagu blues rock dengan sedikit sentuhan soul dari pianis kenamaan Billy Preston ini, benar-benar luar biasa. Memiliki lirik yang juga keren, jujur gue akan aneh banget sih kalau kamu gak suka sama lagu ini.

Selain enak didengar di kala santai sembari “merem-melek” pada malam hari, juga lagu ini asyik dan seru banget untuk kita nyanyikan. Pokoknya kalau fans genre soul, blues, dan R&B, wajib sih untuk dengerin nomor legendaris ini.

2. Dig A Pony

Walaupun Lennon gak suka dengan lagunya (padahal ia yang menyanyikan) dan liriknya tidak ada memiliki makna jelas antara satu sama lain, tapi lagu ini benar-benar gokil!

Komposisi blues rock-nya benar-benar membangun tensi, tempoik, dan benar-benar menggugah emosi. Bagian gitar solo George Harrison yang ikonik itu, hanya kian meng-kerenkan lagunya ini.

1. I’ve Got a Feeling

Dan inilah lagu terkeren dari terkeren dari album Let it Be milik The Beatles ini. Gue rasanya gak bisa ngungkapin lagi dengan kata-kata untuk menyatakan kecintaan gue terhadap lagu ini.

WOW! Betap cintanya gue dengan lagu ini. Selain karena terdengar hampir 11-12 (ya agak-agak lah) mirip dengan lagu ‘It’s Late’ milik grup terfavorit gue sepanjang masa, Queen. Juga, lagu ini terdengar sangat modern untuk ukuran rilisan lagu tahun 1969-1970.

Jujur lagu ini bagi gue, terdengar layaknya lagu rock alternatif dengan sentuhan sound blues dekade 90an. Bayangkan saja kalau solois akhir 80an dan awal 90an, Melissa Etheridge membawakan lagu ini? Pasti bakalan cocok banget.

Belum lagi vokal dan teriakan Paul di lagu ini benar-benar luar biasa. Jadi ya bagi gue inilah lagu terkeren dalam album Let it Be. Selain itu, lagu ini juga mungkin adalah lagu The Beatles terfavorit sepanjang masa kedua gue setelah A Day in the Life (1967).

Itulah tadi 5 lagu terkeren dalam album rilisan terakhir The Beatles, Let it Be. Dari 5 lagu ini, lagu manakah yang merupakan favoritmu? Dan apakah kamu sudah siap untuk menyaksikan 3 episode seri The Beatles: Get Back pada tanggal 25-27 November 2021 ini?

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment