10 Rekomendasi Anime Yang Bertema Tentang Perjalanan Waktu

in , ,
Rekomendasi Anime Bertema Perjalanan Waktu
Rekomendasi Anime Bertema Perjalanan Waktu

Anime perjalanan waktu merupakan tema yang memiliki cerita paling menarik. Selain itu, tema tersebut memiliki karakter yang mempunyai alat atau kemampuan yang bisa membantunya untuk melakukan perjalanan waktu.

Coba kalian bayangkan jika kalian memiliki alat atau kemampuan tersebut, pastinya kalian bisa melihat masa depan atau memperbaiki kesalahan di masa lalu, kan? Nah, kali ini Dafunda otaku akan memberikan beberapa rekomendasi anime yang memiliki tema tentang perjalanan waktu.

10 Rekomendasi Anime Bertema Perjalanan Waktu

Jadi, penasaran gak anime apa saja yang dimaksud? Yuk kita lihat daftarnya bersama di bawah ini.

1. Steins;Gate – 2011

Anime Perjalanan Waktu Steins;Gate
Steins;Gate|©White Fox

Awalnya series Steins Gate merupakan novel visual yang dikembangkan oleh 5pb. dan Nitroplus, kemudian rilis untuk Xbox 360 pada 15 Oktober 2009.

Namun, series ini mendapatkan adaptasi manganya dan terbit melalui majalah Monthly Comic Alive pada 26 September 2009.

JANGAN LEWATKAN •
5 Misteri Kimi no Na Wa yang Membuat Fans Kebingungan
Tayang6 April 2011 to 14 September 2011
StudioWhite Fox
GenreThriller, Sci-Fi
Score9.13

Sinopsis Steins;Gate

Rintarou Okabe adalah seorang Ilmuwan. Mulanya, doi menyewa sebuah kamar di gedung yang berada di Akihabara untuk menjadikan lab percobaan. Tak butuh waktu lama, dirinya menciptakan alat masa depan bersama dengan kedua temannya, yaitu Mayuri Shiina dan Hashida Itaru.

Kemudian mereka bertiga menghabiskan waktu bersama dengan membuat alat, yaitu sebuah mesin yang dijuluki sebagai Phone Microwave. Ternyata, mesin tersebut bisa mengubah pisang menjadi gel hijau dan mengirimkannya ke masa lalu.

2. Stand By Me Doraemon – 2014

Anime Perjalanan Waktu Stand By Me Doraemon
Stand By Me Doraemon|©Shirogumi, Shin-Ei Animation

Anime perjalanan waktu 3D Jepang ini pertama rilis pada tahun 2014. series ini diadaptasi dari serial manga Doraemon. Kemudian, yang menyutradari film ini adalah Takashi Yamazaki dan Ryūichi Yagi.

Tayang8 Agustus 2014
StudioShirogumi, Shin-Ei Animation
GenreComedy, Kids, Sci-Fi, Shounen
Score8.06

Sinopsis Stand By Me Doraemon

Nobita adalah seorang siswa SD yang selalu melakukan segalanya dengan setengah hati. Contohnya benci belajar, buruk dalam olahraga, dan tidak bisa melakukan segalanya. Namun, doi merupakan orang yang penurut, tidak beruntung, dan takut akan banyak hal.

Bahkan karena keperibadiannya itu, membuat Nobita gagal dalam menjalani kehidupan dan mempengaruhi keturunannya. Hal itu juga yang menyebabkan cucunya, Sewashi yang hidup di abad ke 22 melakukan perjalanan waktu ke abad 20 dan bertemu dengan Nobita.

JANGAN LEWATKAN •
42 Rekomendasi Anime Terbaik Sepanjang Masa, Jalan Cerita Dan Artwork (Grafik Yang Terbaik)

3. Boku dake ga Inai Machi – 2016

Anime Perjalanan Waktu Boku Dake Ga Inai Machi
Boku Dake Ga Inai Machi|©Kei Sanbe, A-1 Pictures

Anime perjalanan waktu ERASED merupakan adaptasi dari serial manga seinen Jepang. Karya Kei Sanbe, manga ini terbit pertama kali terbit melalui majalah Young Ace pada tahun 2012. Kemudian volume pertamanya rilis pada 26 Januari 2013

Tayang8 Januari 2016 to 25 Maret 2016
StudioA-1 Pictures
GenreMystery, Psychological, Supernatural, Seinen
Score8.41

Sinopsis Boku dake ga Inai Machi:

Satoru Fujinuma bisa melakukan perjalanan waktu beberapa menit sebelum kecelakaan terjadi. Tetapi doi dituduh membunuh seseorang yang dekat dengannya, Satoru pun mengirim dirinya kembali ke masa lalu. Lebih tepatnya 18 tahun yang lalu, saat Satoru masih bersekolah di SD.

Lalu ia menyadari bahwa pembunuhan itu mungkin ada kaitannya dengan penculikan dan pembunuhan yang menimpa salah satu teman sekelasnya yaitu, Kayo Hinazuki. Kejadian yang tidak menyenangkan itu menimpa mereka ketika masih kecil.

4. Mirai Nikki – 2011

Mirai Nikki
Mirai Nikki|©Sakae Esuno, Asread

Anime Mirai Nikki merupakan adaptasi dari manga Jepang karya Sakae Esuno. Manga tersebut terbit dalam majalah Shōnen Ace pada 26 Januari 2006 dan 25 Desember 2010, Kemudian manga ini telah mendapatkan 12 volume tankōbon.

Tayang9 Oktober, 2011 to 15 April, 2012
StudioAsread
GenreAction, Mystery, Psychological, Shounen, Supernatural, Thriller
Score7.61

Sinopsis Mirai Nikki:

JANGAN LEWATKAN •
Penyihir Dosa Besar Dalam Series Re:Zero!

Amano Yukiteru adalah siswa yang kesepian. Meskipun begitu, doi selalu menghabiskan hari-harinya dengan menulis di ponsel. Namun, tiba-tiba ia menerima pesan misterius melalui ponselnya dari orang yang mengaku sebagai Deus Ex Machina.

Deus Ex Machina merupakan dewa ruang dan waktu. Bahkan, Deus memberikan Yukiteru sebuah “Buku Harian Acak” yang menunjukkan data yang sangat akurat tentang masa depan. Kemudian, dewa tersebut memaksa Yukiteru masuk ke dalam pertempuran berdarah.

5. Toki wo Kakeru Shoujo – 2006

Toki Wo Kakeru Shoujo
Toki Wo Kakeru Shoujo|©Madhouse

Novel karya Tsutsui Yasutaka menjadi dasar dasar bagi film ini, tetapi film ini bukan sekadar versi layar lebar novel tersebut, melainkan kelanjutan dari cerita novel dan mengambil setting pada 20 tahun setelah kejadian di buku.

Tayang15 Juli, 2006
StudioMadhouse
GenreAdventure, Drama, Romance, Sci-Fi
Score8.23

Sinopsis Toki wo Kakeru Shoujo:

Makoto Konno berada di tahun terakhir sekolah menengahnya, akan tetapi dirinya kesulitan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan masa depannya.

Walaupun, mendapatkan tekanan dari gurunya dan menghabiskan waktu dengan teman-teman terbaiknya, kehidupan Makoto seketika berubah, ketika dia secara tidak sengaja mengetahui bahwa dia bisa melakukan perjalanan waktu.

6. Yojouhan Shinwa Taikei – 2010

Yojouhan Shinwa Taikei
Yojouhan Shinwa Taikei|©Tomihiko Morimi, Madhouse

Anime ini merupakan adaptasi dari sebuah novel, dan sudah memiliki 11 episode, kemudian studio yang memproduksinya adalah Madhouse, dan yang menjadi sutradanya adalah Masaaki Yuasa.

JANGAN LEWATKAN •
10 Karakter Pelayan Terkenal Dari Dunia Anime
Tayang23 April, 2010 to 2 Juli, 2010
StudioMadhouse
GenreMystery, Comedy, Psychological, Romance
Score8.61

Sinopsis Yojouhan Shinwa Taikei:

Seorang mahasiswa tahun ketiga yang kesepian bertemu dengan seorang pria yang memiliki bentuk kepala seperti terong dan mengaku dirinya adalah dewa perkawinan. Kemudian, setelah bertemu dengan pria tersebut, ia merenungkan dua tahun terakhirnya di perguruan tinggi.

Lalu dia memutuskan untuk memanfaatkan sisa waktu kampusnya, siswa tersebut mencoba untuk bertanya kepada adik kelas yang tidak ramah tetapi baik hati. Namun gagal untuk menindaklanjutnya.

Siswa tersebut menyesal karena tidak menjalani kehidupan kampusnya dengan baik. Tetapi setelah pikiran itu melintas di kepalanya, tiba-tiba dia bisa melakukan perjalanan waktu ke awal tahunnya di perguruan tinggi dan diberi kesempatan untuk menjalani hidupnya.

7. Kimi no Na wa – 2016

Anime Perjalanan Waktu Kimi No Na Wa
Kimi No Na Wa|©CoMix Wave Films

Your Name adalah sebuah film animasi romance, fantasy Jepang, lalu film ini pertama kali tayang pada 2016.

Kemudian mendesain karakternya adalah Masayoshi Tanaka, dan yang mengatur musik adalah band rock asal Jepang Radwimps. Film ini berdasarkan novel karya Makoto Shinkai dengan judul yang sama dan rilis sebulan sebelum pemutaran perdananya.

Tayang26 Agustus, 2016
StudioCoMix Wave Films
GenreRomance, Supernatural, School, Drama
Score9.02

Sinopsis Kimi no Na wa:

JANGAN LEWATKAN •
Bikin Gemes, Inilah 10 Rekomendasi Anime dengan Sosok Imouto Terimut

Mitsuha Miyamizu adalah seorang gadis SMA yang sangat ingin menjalani kehidupan di kota Tokyo yang ramai, sebuah mimpi yang sangat kontras dengan kehidupannya saat ini di pedesaan.

Sementara itu, Taki Tachibana menjalani kehidupan yang sibuk sebagai siswa SMA sambil melakukan pekerjaan paruh waktunya. Selanjutnya, ia berharap akan masa depan di bidang arsitektur.

8. Suzumiya Haruhi – 2006

Suzumiya Haruhi
Suzumiya Haruhi|©Nagaru Tanigawa, Kyoto Animation

Series Suzumiya Haruhi merupakan adaptasi dari novel ringan, yang menuslinya adalah Nagaru Tanigawa, kemudian yang mengilustrasikannya adalah Noizi Ito.

Novel ini pertama kali terbit pada tanggal 6 Juni 2003 oleh Kadokawa Shoten, novel ini juga mendapatkan adaptasi mangannya.

Tayang3 April, 2006 to 3 Juli, 2006
StudioKyoto Animation
GenreComedy, Mystery, Parody, School, Sci-Fi, Slice of Life
Score7.90

Sinopsis Suzumiya Haruhi:

Kyon adalah siswa SMA biasa telah lama melepaskan keyakinannya pada hal-hal gaib, contohnya alien, esper dan sebagainya. Namun, setelah bertemu Haruhi Suzumiya, dia langsung mengetahui bahwa Suzumiya sangat menyukai hal supernatural, seperti alien, penjelajah waktu, dan esper.

Sementara itu Haruhi menyesali kurangnya klub yang menarik di sekolah. Kemudian, Kyon menginspirasi Haruhi untuk membentuk klubnya sendiri.

Kemudian, terbentuklah sebuah klub yang bernama Brigade SOS, sebuah klub yang berspesialisasi dalam semua hal supernatural.

9. Hello World – 2019

Hello World
Hello World|©Graphinica

Film animasi ini tayang pada 2019, kemudian yang menjadi sutradaranya adalah Tomohiko Itō, dan yang memproduksinya adalah studio Graphinica.

JANGAN LEWATKAN •
32 Karakter Cewek Tercantik Di Anime, Gadis Feminim & Polos (Rekomendasi Untuk Waifu Hunter)

Kemudian, film ini akan tayang sebagai karya animasi pertama Tomohiko sejak film sebelumnya Sword Art Online The Movie: Ordinal Scale, yang rilis pada 2017.

Tayang20 September, 2019
StudioGraphinica
GenreSci-Fi, Drama, Romance
Score7.70

Pada tahun 2027, kota Kyoto telah mengalami kemajuan teknologi yang luar biasa. Saat itu, Naomi Katagaki adalah seorang anak laki-laki yang canggung dan tertutup secara sosial tetapi suka buku.

Kemudian ada Ruri Ichigyou, seorang gadis dengan kepribadian dingin yang sering berbicara blak-blakan kepada orang lain.

Meski mereka berdua memiliki minat yang sama terhadap buku. Namun Naomi takut untuk mendekati Ruri karena sifatnya yang tidak ramah.

10. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu – 2016

Re Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu
Re:Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu|©Tappei Nagatsuki, White Fox

Anime ini merupakan adaptasi dari novel ringan karya Tappei Nagatsuki, kemudian yang mengilustrasikannya adalah Shinichirou Otsuka.

Novelnya telah terbit melalui Shōsetsuka ni Narō pada tahun 2012 sampai sekarang. Serial ini juga mendapatkan adaptasi anime telivisinya, dan dikerjakan oleh Studio White Fox pada tahun 2016.

Tayang4 April, 2016 to 19 September, 2016
StudioWhite Fox
GenrePsychological, Drama, Thriller, Fantasy
Score8.30

Sinopsis Re:Zero:

Natsuki Subaru adalah seorang NEET, ketika doi meninggalkan minimarket. Ia kemudian dipindahkan ke dunia fantasy. Namun, tidak lama setelah kedatangannya Subaru dihadang oleh para preman. Karena ia tidak tau apa-apa dan tidak bisa berkelahi, seketika Subaru dipukuli sampai habis.

Kemudian, munculah seorang wanita cantik misterius bernama Satella, ia bertemu dengan Subaru dan menyelamatkannya. Kemudian, sebagai tanda terima kasih, Subaru pun menawarkan bantuan kepadanya. Akhirnya, malam pun tiba dan mereka menemukan keberadaan benda yang mereka cari.

Tanpa sepengetahuan mereka, ternyata kekuatan yang jauh lebih gelap mengikuti pasangan tersebut. Alhasil, Subaru dan Satella dibunuh secara brutal setelah menemukan benda yang mereka cari. Ini masih episode awal, jika kamu tertarik, kamu harus menontonnya hingga selesai.


Demikianlah rekomendasi anime perjalanan waktu.

Kunjungi terus Dafunda agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.