Apa Kepanjangan, Arti, dan Maksud dari OVA dalam Anime

2653
Maksud, Arti, dan Kepanjangan OVA

OVA Merupakan Kepanjangan dari Original Video Animation. Anime yang termasuk kedalam kategori OVA adalah Karya dari suatu Studio yang tidak di tayangkan dalam Televisi. Melainkan karya yang terkadang di bundel dalam sesuatu atau sebagai hadiah dari Studio produksi itu.

Sudah lama Dafunda #Otaku tidak menjalankan tugasnya dalam rubrik Explain, padahal masih banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai dunia Otaku dimana kamu termasuk di dalamnya. Maka dari itu, setiap minggu nya kami akan berusaha memberikan penjelasan – penjelasan mulai dari hal mendasar sampai yang sukar sekalipun.

Dimulai dengan Penjelasan Mengenai OVA kali ini, tentunya kamu sering mendengar istilah OVA bukan? misalnya saja Anime yang sudah tayang satu musim, tapi tiba – tiba ada satu episode ekstra yang di labeli dengan kata “OVA”.

sudah menjadi kebiasaan bagi kita semua mengartikan kata “OVA” untuk anime yang telah tamat dan diberikan ekstra dan tidak berhubungan dengan cerita utama. Tidak ada yang salah dengan pengertian kalian. Namun maksudnya lebih dari itu kawanku. Mari kita bahas bersama.

Pengertian OVA

Seperti yang sudah saya terangkan di versi singkat, OVA adalah Kepanjangan dari Original Video Animation. Dalam bahasa Indonesia artinya Video Anime Orisinil atau asli. Maksudnya adalah suatu karya di buat oleh Studio Produksi yang tidak di tayankan dalam TV melainkan disediakan dalam Bentuk Home Video (Bluray Disk). Biasanya Karya jenis ini diberikan dalam bentuk bundel Manga, LN, atau karya pengarang dari karya orisinil yang mereka adaptasi.

Perbedaan OVA dengan Anime TV atau lainnya

Hal mendasar yang membedakan OVA dengan Anime dalam TV dan Media Streaming adalah cara penyajiannya. Biasanya OVA hanya tersedia dalam bentuk Home Video. Selain itu OVA tidaklah termasuk dalam cerita utama (Pokok bahasan) utama dari Anime dalam TV. Bisa saja berupa Cerita susupan macam Filler. Tapi, ada kalanya OVA merupakan Pelengkap cerita dari Anime yang tayang dalam Televisi.

Perbedaan lainnya terletak dari segi kualitas. Anime TV merupakan Anime kejar Tayang, Sedangkan OVA merupakan Anime yang di buat tanpa perlu khawatir kehabisan waktu sehingga kualitas gambarnya lebih baik.

Kapan Anime OVA Muncul

Kapan OVA muncul

Ada beragam alasan mengapa OVA ada, berikut beberapa alasan umum mengapa anime jenis ini ada:

  • Anime jenis ini muncul saat studio produksi ingin menciptakan Animasi tambahan yang tidak ada dalam TV,
  • Jika Penggemar ingin Anime kesukaannya tidak habis begitu saja dan Studio produksi memberikannya dalam bentuk OVA
  • Untuk memberikan sedikit gambaran dari Anime Musim selanjutnya yang akan di bahas
  • karya Orisinil (Manga, Light Novel, dll) memunculkan volume khusus sehingga sebuah Anime orisinil diberikan dalam bentuk bundel agar karya tersebut laku di pasaran,
  • Memberikan satu episode khusus yang isinya adalah Fanservice misalnya Gadis dalam pemandian air panas, di pantai, atau beberapa tempat lainnya,
  • Jika suatu karya Orisinil tidak mendapatkan slot tayang di TV maka anime jenis ini juga bakalan muncul.

Contoh Anime OVA

ada Banyak contoh Anime OVA di luar sana, Misalnya saja yang terbaru Anime Charlotte OVA yang membahas cerita ketika pencarian anak berkekuatan super masih berlanjut. Atau Ane Log yang memang secara keseluruhan (3 Episode) merupakan Anime OVA. Lalu ada Big Order OVA yang muncul sebagai cerita rangkap dan ditujukan untuk pengenalan series TV yang baru saja di tayangkan. Terakhir, Nanatsu no Taizai yang di bundel dalam Volume 16 Manganya.

Sudah dapatkan Gambaran mengenai apa itu OVA? Kami harap penjelasan ini cukup untuk menjawab pertanyaan kamu. Selanjutnya kami akan membahas mengenai apa itu OAD, Episode Special, OAV, dan ONA yang pernah di tanyakan oleh pengunjung kami. Kamu bisa menanyakan hal lainnya seputar otaku di Laman Facebook, Twitter, atau melalu komentar. Gunakan Hastag #DafundaSenpai untuk bertanya. Kami akan berusaha menjawabnya sebaik mungkin.

Buat kamu yang merasa penjelasan masih kurang, silahkan berkomentar dan kita perbaiki bersama 😀