Inilah 5 Ciri-Ciri Hard Disk Mulai Rusak dan Cara Mengatasinya

in ,
kenali ciri-ciri harddisk rusak

Sebelumnya Dafunda Tekno pernah membahas apa itu Hard Disk dan fungsinya yang terdapat di komputer atau laptop. Hard Drive atau yang biasa di sebut Hard Disk adalah sebuah komponen penting didalam komputer. Komponen satu ini berguna sebagai media penyimpanan komputer maupun laptop. Mulai dari data sistem sampai dengan data pribadi kamu.

Seperti pada umumnya, hard disk juga sama dengan perangkat keras (hardware) lainnya yang akan rusak kapan saja. Sebelum hal yang tidak kita inginkan itu terjadi, alangkah baiknya kamu harus mengetahui cara merawatnya. Setidaknya kamu harus tahu cara mencegah terjadinya kerusakan. untuk itu kali ini Dafunda Tekno akan memberikan cara mencegah sebelum kehilangan data penting di komputer atau laptop.

Sebelum itu, kenali terlebih dahulu beberapa ciri-ciri hardisk laptop rusak serta cara mengatasinya. Supaya nantinya kamu sudah tahu kerusakannya dan cara mengatasinya.

Mengetahui Ciri-Ciri Hard disk (Hard Drive) Rusak di Komputer Serta Cara Mengatasinya

Tentunya kamu tidak bisa mengira-ngira kapan hardisk laptop rusak dan tidak pernah mengenal kerusakan hard disk. Jadi kita mula dengan mengenali beberapa ciri-ciri kerusahakan berikut:

Ciri Ciri Hardisk Laptop Rusak

Komputer atau Laptop Terasa Lambat/lemot

ciri ciri harddisk rusak

Gejala pertama dari rusaknya hard disk pada laptop atau komputer adalah kinerja komputer tidak seperti biasa. Artinya komputer atau laptop kamu sudah terasa lemot alias lelet. Jika hal ini terjadi, segera untuk melakukan pengecekan pada hard disk.

Sering Terjadi Kerusakan pada File

ciri ciri harddisk rusak

Pada kasus satu ini, file atau data yang ada didalam komputer terjadi kerusakan (corrupt). Walaupun kamu tidak melakukan apa-apa terhadap file tersebut, tapi sebuah prompt akan muncul yang menyatakan bahwa berkas tersebut telah rusak.

Suara Aneh Keluar dari Hard Disk

ciri ciri harddisk rusak

Jika kamu sempat mendengar suara aneh yang keluar di komputer atau laptop, itu gejala nya bisa jadi terjadi pada hard disk. Suara tersebut kira-kira berbunyi seperti ‘kretek-kretek’ secara terus menerus dan bising.

Saat Proses Booting akan Muncul Blue Screen

ciri ciri harddisk rusak

Pengguna Windows sudah sangat familiar dengan istilah Blue Screen of the Death. Gejala kelima ini terjadi disaat proses booting yang gagal lalu memunculkan sebuah form warna biru, itulah Blue . Walaupun kamu sudah melakukan install ulang, kasus tersebut akan tetap terulang. Jika sudah begini kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hard disk kamu.

Hasil Pengecekan Software Menunjukkan Tidak Sehat

ciri ciri harddisk rusak

Ciri-ciri terakhir hardisk laptop rusak adalah dilihat dari hasil pengecekan melalui software. Bagi kamu yang ingin mengecek kesehatan hard disk Dafunda Tekno menyarankan menggunakan software Acronis Drive Monitor. Bila hard disk kamu terindikasi rusak, maka software tersebut akan memberikan informasi kepada kamu.

Download Acronis Drive Monitor Terbaru DOWNLOAD
Download Acronis Drive Monitor bisa Kamu unduh melalui situs http://www.acronis.com/, jadi jangan ragu akan kerusakan filenya.

Cara Mengatasi Jika Hard Disk Laptop Rusak

Jika kamu sudah memastikan hard disk hampir terjadi kerusakan, sebaiknya kamu harus melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Segera cabut hard disk di laptop yang terindikasi hampir rusak
  • Sambung kan hard disk kamu ke komputer atau laptop teman yang kondisi normal. Nah untuk sambungan hard disk ke komputer, kamu bisa menggunakan konektor SATA to USB, HDD Dock, dan bisa langsung ke sambungan Motherboard.

 

ciri-ciri harddisk rusak

  • Jika sudah tersambung, lakukan backup seluruh data-data penting kamu. Usahakan semua data dapat kamu ambil.
  • Sekarang format hard disk kamu menggunakan software Low Level Format.
  • Setelah proses format selesai, coba untuk melakukan tes kembali menggunakan software Acronis Drive Monitor. Jika hasil hard disk kamu menjadi normal kembali, berarti yang rusak adalah pada software nya.

Jika setelah beberapa kali tes, tidak membawa hasil dari hard disk kamu atau bisa dibilang hard disk kamu baik-baik saja. Dapat dipastikan software yang kamu gunakan mengalami kerusakan. Tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain mengggatikan dengan yang baru.

Itulah 5 ciri-ciri hard disk laptop rusak dan cara mengatasinya yang bisa memberikan manfaat bagi kamu yang belum mengenal kerusakan pada hard disk. Jangan lupa komentarnya ya guys!

Ayo mulai berdiksusi