10 Aplikasi PC Yang Wajib Kita Install Pertama Kali di Dalam PC Kita

in ,
Aplikasi PC Install Pertama Kali
Harus di-install duluan! | Avira

Berikut adalah 10 aplikasi / program PC yang wajib kita install pertama kali kali di dalam PC kita. Baik itu baru beli PC atau baru install ulang seluruh komputer-nya.

Ketika kita beli PC baru, pastinya kita ingin membeli PC yang dalamnya masih “polos”. Maksudnya tidak di-install aplikasi atau program selain aplikasi / program bawaan operating system (OS) nya.

Hal yang sama juga sama (walau sedikit beda situasinya) ketika baru install ulang lagi PC nya. Kita tentunya, harus install ulang lagi juga seluruh aplikais atau program tambahannya,.

Tapi terkadang nih ketka ingin nstall ulang program / aplikasi nya, kita sering bingung mau install yang mana dulu. Memang prefrensi dan kenutuhan tiap-tiap pengguna beda-beda.

Nah kalau gue pribadi, gue sih bakal install dulu 10 aplikasi PC yang menurut gue kudu dan binti wajib ini.

1. Antivirus

154092 Antivirus
Antivirus | Grid.id

Yap inilah yang pertama kali harus gue install. Kenapa? Ya jelas. Yang namanya keamanan (security) adalah hal yang pertama kali kita cari dalam hidup ini.

Dan juga bisa saja sumber install ulang OS kita, memiliki virus yang kita gak ketahui. Jadi yap, antivirus adalah aplikasi PC yang harus di install pertama kali di PC.

2. Office

Office
Office | Raghebnotes

Rasanya hampir 95% pekerjaan di dunia ini, menggunakan aplikasi mengetik, menghitung yang ada di install di dalam PC. Atau yang biasa disebut dengan office apps.

Microsoft memiliki Microsoft Office. Sedangkan OS Linux memiliki Open Office. Jadi yap kalau kiat memang pekerja (apalagi bekerja di media online), maka aplikasi office haru yang kita install di dalam PC lebih dulu.

3. Browser

Best Alternative Browsers
Web Browsers | The Windows Club

Saat ini mau itu kerja atau aktivtas lainnya, gak akan lepas dari yang namanya INTERNET. Dan web browser tentunya menjadi aplikasi / komponen vital di dalamnya.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mengubah Dokumen Word ke PDF di HP Android Mudah dan Cepat

Ya kalau gak ada browser, kita mau masuk ke situs Facebook, YouTube, bahkan Dafunda, dari mana? Jadi yap wajib banget ini kita pasang lebih dulu.

4. Downloader Tools

Download Idm Laptop
IDM | Telset.id

Tidak usah menipu diri deh guys. Past banyak dari kita yang sering melakukan download file. Mau itu video, lagu, dan file lainnya.

Dan itu sebenarnya gak apa-apa sih. Lagipula gak semua yang kita unduh / download untuk kebutuhan senang-senang dan bersifat ilegal. Kalau kita download video dari YouTube untuk bahan kerja? Tentunya sah-sah saja bukan?

Oleh karenanya, gak heran jika gue selalu meng-install aplikasi downlad seperti contohnya: Internet Download Manager (IDM) setiap kali setelah install ulang.

5. Chat Apps

815351 720
Whatsapp for Web | TeknoTempo

Memang sih kita sekarang bisa melakukan proses chat kerja melalui aplikasi chat di ponsel. Tapi terkadang proses chat harus dilakukan di PC.

JANGAN LEWATKAN •
Susul Whatsapp, Kini Office yang Akan Tinggalkan Windows Phone

Nah oleh karenanya, gak heran bukan jika jenis program ini harus kita dahulukan dulu untuk kita pasang?

6. Webcam

Rajv97tfxrihmcqvh4bruv
Webcam | Tom’s Hardware

Nah setelah Chat Apss (Whatsaspp, Skype, dll), gak dipungkiri kita juga harus segera install aplikasi / software dari webcam kita. Tentunya hal ini agar proses tatap muka (online) langsung bisa dilakukan.

7. PDF Reader

aplikasi PC wjaib install
Adobe Acrobat Logo | How-To Geek

Mau itu Adobe Acrobat, Nitro PDF, atau merek lain. Yang jelas, apliaksi pembaca file PDF harus segera kita install.

Apalagi kalau kita bekerja sebagai penulis terlebih, penerjemah. Karena seringkali dokumen yang akan kita terjemahkan, si klien atau pemesan, akan mengirimnya melalui format tersebut.

8. Desain Grafis

aplikasi PC wjaib install
Adobe Photoshop | Domestika

Nah ini juga gak kalah penting loh. Dan jangan beranggapan kalau aplikasi desain grafis ini hanya “tok” untuk mereka yang kerja di industri desain grafis saja.

Bahkan mereka yang penulis saja, sangat membutuhkan aplikasi ini untuk melakukan editing atau pengindahan foto gambar dari artikel mereka. Jadi gak heran bukan jika disertakan dalam pembahasan ini?

JANGAN LEWATKAN •
7 Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk PC dan Laptop

9. Converter

aplikasi PC wjaib install
Format Facory si converter segala file | Medium

Nah ini nih yang banyak dari kita suka lupain atau gak pernah dianggap. Padahal converter adalah program yang penting juga dalam bekerja.

Contohnya ketika kita mengunduh foto dari Google lalu tiba-tiba, foto tersebut gak bisa berfungsi atau gak bisa digunakan. Setelah diselidiki, ternyata karena format file-nya gak sesuai.

Nah untuk bisa menggunakannya, ya jalan satu-satunya adalah untuk merubah atau bahasa kerennya, meng-konversikan format file tersebut. Dan program inilah yang bisa melakukannya.

Ada banyak aplikasi converter. Tapi yang gue rekomendasiin banget-banget, adalah Format Factory. Kenapa? Ya karena aplikasinya bisa emng-convert semua format file. Langsung buktikan sendiri saja deh biar lebih enaknya.

10. Cache Cleaner

aplikasi PC wjaib install
Ccleaner | AskLeo!

Cache pada dasarnya adalah sisa “sampah” yang tersisa setelah kita membuka sebuah aplikasi. Nah biasanya penyumbang cache yang paling besar, adalah web browser.

Dan kalau semakin tertumpuk cache-nya, alhasil membuat space hard disk menjadi kian penuh dan berat banget. Dan kalau sudah berat banget, hal itulah yang akhirnya membuat  komputer menjadi lemot banget.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Ulang Windows di PC/Laptop

Bahkan setelah install aplikasi pun, meninggalkan cache. Oleh karenanya, langsung pasang atau install aplikasi cache cleaner nya ya. Nah biasanya nih aplikasi cache cleaner yang sering digunakan dan terbukti bersih banget adalah CCleaner.

Nah itulah tadi 10 aplikasi PC yang wajib kita install pertama kali ketika membeli PC baru atau baru install ulang PC nya. Semoga bermanfaat ya!