Cara Memperkecil Ukuran VideoTanpa Mengurangi Kualitas Gambar

in ,
Cara Kompres Video

Mempekecil ukuran video atau disebut juga dengan kompres video tentu akan mengalami penurunan kualitas video itu sendiri. Jika video dari awalnya jernih, setelah dilakukan proses kompres video maka akan berubah menjadi jelek, bahkan ada sebagian gambar dalam video tampak pecah.

Hal tersebut tentu wajar terjadi, pasalnya saat pengurangan ukuran file, maka otomatis gambar akan mengalami penurunan kerapatan dari piksel dan berdampak pada kualitas video tersebut.

Nah dengan begitu, kali ini Dafunda Tekno membagikan tutorial cara kompres video menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas video tersebut. Selain memperkecil ukuran video, cara kompres video ini juga bisa mempercepat proses buffering saat upload dan streaming video melalui YouTube.

BACA JUGA:

JANGAN LEWATKAN •
Sebanyak 1.600 Tamu di Hotel Ini Jadi Korban Kamera ‘Produser’ Film Porno

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar Dalam Video

Waktu yang dibutuhkan: 2 menit.

Pada tutorial kompres video ini kita akan mengandalkan sebuah aplikasi yang bernama Handbrake yang bsa kamu download melalui link atau tautan yang sudah Dafunda Tekno sediakan di bawah ini. Yuk langsung saja simak langkah-langkah memperkecil ukuran video di bawah ini.

  1. Download dan Install terlebih dahulu aplikasi HandBrake di laptop/PC kamu

    Kamu bisa download aplikasi tersebut melalui link Download software HandBrake
    Downlaod Handbrake Terbaru

  2. Ukuran video yang ingin kita kecilkan

    Nah dari gambar di bawah ini terlihat ukuran video tersebut adalah 164 MBCara Memperkecil Ukuran Video (1)

  3. Install aplikasi HandBrake

    Seperti menginstall aplikasi pada umumnya, nanti aplikasi HandBrake bakal terlihat seperti gambar di bawah ini.Cara Memperkecil Ukuran Video (2)

  4. Memilih video yang ingin diperkecil ukurannya

    Klik pada Source-File, nanti bakal muncul kotak dialog untuk memilih video. Cari dan pilih video yang ingin diperkecil diakhiri dengan klik Open.Cara Memperkecil Ukuran Video (3)

  5. Pengaturan saat memperkecil ukuran video di HandBrake

    Nah pada tab Video, kamu bisa menggunakan pengaturan sesuai dengan gambar. Pada bagian Content Quality, di sini Dafunda Tekno menggunakan 27. Tapi untuk pertama kali kamu mencoba bisa gunakan 20.
    Cara Memperkecil Ukuran Video (4)

  6. Mengatur tempat penyimpanan

    Di kolom Destination, kamu bisa atur penyimpnan output sesuai dengan keinginan. Klik Start dan tunggu hingga proses encode-nya selesai (lama atau tidak tergantung dari ukuran video).Cara Memperkecil Ukuran Video (5)

  7. Proses encode selesai

    Jika muncul tulisan Queue Finished itu tandanya proses encode sudah selesai. Bisa diliihat dari hambar di bawah (kotak merah sebelum dan kotak biru sesudah encode). Dari ukuran 164MB menjadi 53MB.Cara Memperkecil Ukuran Video (6)

JANGAN LEWATKAN •
6 Video Viral Tendang Tutup Botol, yang Keenam Bikin Gagal Fokus

Nah itulah cara mudah kompres video tanpa mengurangi kualitas gambar di laptop. Kamu sekarang bisa melihat hasilnya dan coba bandingkan dengan video aslinya. Gimana mudah sekali bukan?