Berhasil Salip Samsung, Huawei Jadi Raja Ponsel Dunia di Kuartal II-2020

in ,
Huawei Berhasil Salip Samsung Sebagai Raja Ponsel Dunia
Huawei Berhasil Salip Samsung Sebagai Raja Ponsel Dunia | digitalnewsasia.com

Selama virus Corona mewabah, imbasnya semua dirasakan oleh setiap kalangan termasuk di industri smartphone. Seperti turunnya angka penjualan smartphone Samsung di dunia pada kuartal II-2020.

Menurut laporan dari Counterpoint, penjualan smartphone Samsung diklaim turun sebanyak 30 persen di kuartal tersebut. Sedangkan vendor ponsel China, Huawei hanya sedikit mengalami penurunan. Huawei kini memprediksi mereka bakal menjadi raja pasar ponsel untuk pertama kalinya.

Dimana sebelumnya firma riset pasar Counterpoint sudah mencatat untuk pengiriman ponsel Huawei sudah melewati ponsel Samsung di April dan Mei 2020. Artinya Huawei tidak lama lagi bakal menjadi raja di sepanjang kuartal II-2020 ini.

Huawei Berhasil Salip Samsung Sebagai Raja Smartphone di Seluruh Dunia

Untuk bulan April lalu, Counterpoint sudah mencatat pengiriman ponsel dunia adalah 69,37 juta. Dimana 21,4 persennya adalah ponsel milik Huawei. Sementara ponsel-ponsel Samsung hanya mampu memperoleh pangsa pasar sebesar 19,1 persen saja.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah Beberapa Kriteria Ponsel BM yang Akan Diblokir

Lalu di bulan Mei 2020, total pengiriman untuk ponsel di seluruh dunia sebanyak 81,97 juta. Dimana Huawei berhasil memperoleh pangsa pasar 19,7 persen. Sedangkan Samsung hanya bisa mengumpulkan pangsa pasar 19,6 persen di bulan yang sama.

Menurut tren di dua bulan pertama kuartal yang berjalan seperti di atas. Huawei memprediksi bisa menyalip Samsung sebagai vendor ponsel nomor satu di dunia di kuartal II-2020 ini.

Angka penjualan smartphone Huawei meningkat

Seperti yang diketahui, pada 2016 lalu Huawei juga berhasil menyalip Apple dan Samsung yang merupakan pabrikan smartphone terbesar di dunia. Huawei berhasil menyalip Apple untuk kali pertama yaitu pada awal 2018.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Gizmochina, penurunan dari penjualan smartphone Samsung ini karena adanya aturan lockdown yang diterapkan di beberapa daerah pasar utama. Seperti di India, Eropa, dan Amerika Utara.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 9 Hal yang Paling Disombongkan Steve Jobs Saat Lahirnya iPhone

Sedangkan permintaan ponsel flagship Galaxy S20 Series untuk tahun ini lebih sepi dibandingkan di tahun sebelumnya. Counterpoint tidak menyebutkan jumlah dari penjualan ponsel Samsung. Tetapi mereka hanya menyediakan data jika penjualan Samsung turun 30 persen.

Sebaliknya dengan Huawei, mereka malah harus mampu mendongkrak penjualan smartphonenya di China. Karena permintaan di sana makin meningkat. Samsung juga diketahui hanya memiliki kurang dari 1 persen pangsa pasar di China. Sedangkan Huawei menguasai lebih dari 60 persen pangsa pasar di negaranya.