Berita TeknologiTekno

Jepang Memecahkan Rekor Sebagai Negara Dengan Kecepatan Internet Tercepat

GOKIL! Jepang baru-baru ini memecahkan rekor sebagai negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia.

Walau kini kita sudah memasuki era yang super canggih atau dengan kata lain, “tiada hari tanpa online kapanpun dan dimanapun.” Namun ironisnya hingga detik ini, yang namanya kecepatan (speed) internet masih menjadi masalah di beberapa negara (termasuk Indonesia).

Pasalnya walau pihak provider internet sudah berusaha memberikan layanan Internet kilatnya. Entah mengapa kecepatan-kecepatannya masih suka terasa kurang saja.

Apalagi kalau kita sedang berada di luar rumah dan mengandalkan jaringan WiFi, wah sudah deh jangan kita harapkan sesuatu yang oke dari kecepatannya. Nah permasalahan ini kini semakin menjadi saja setelah munculnya berita yang akan kita bahas berikut ini.

Kecepatan Internet Jepang 1.02 Petabit!

jepang internet tercepat
Ilustrasi Kecepatan Internet | Moneycontrol

Ya jadi seperti yang terlansir dari YahooNews beberapa hari lalu. Terungkap kalau Jepang telah memecahkan rekor sebagai negara dengan kecepatan internet tercepat.

Selected for you
Kini Google Assistant Bisa Bantu Anak Tidur dengan Dongeng

Laporan yang YahooNews berikan ke kita ini, ia dapatkan dari institusi penelitian jaringan yang bernama, National Institue of Information and Communications Technology (NICT).

Jadi pada tanggal 30 Mei 2022 lalu, seluruh peneliti di Jepang melakukan uji coba transmisi data dengan kecepatan transmisi sebesar 1.02 Petabit per detik (BUKAN PETABYTE!). Dan tes transmisi datanya ini mereka lakukan dalam format jaringan optik, multi-core fiber (MCF).

Dan gokilnya uji coba transmisinya tersebut sukses besar. Dengan kesuksesan ini, maka seperti yang telah dijelaskan di judul dan awal paragrafnya. Jepang kini telah resmi memecahkan rekor sebagai negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia ini.

Seberapa Cepat Memangnya?

jepang internet tercepat
Seberapa Cepat? | Zee News

Mungkin ketika membacanya kamu masih penasaran mengapa dengan kecepatan transmisi 1.02 Petabit tersebut, membuat Jepang berhasil memecahkan rekor ini. Atau dengan kata lain, “emangnya kebut banget ya?”

Well, masih terlansir dari sumber YahooNews tersebut, jadi 1 Petabit (PiB) itu sama saja hitungannya dengan 1.000.000 Gigabits (GiB). Jadi ya dengan kata lain, kecepatannya 1 juta Gigabits PER DETIK.

Selected for you
Masyarakat di China Wajib Memindai Wajah Untuk Mengakses Internet

Dengan kecepatan sebesar ini, melansir Gizmodo, sebanyak 10 juta kanal video (YouTube atau situs/kanal video lainnya) di dunia ini bisa secara bersamaan menayangkan video dengan kualitas format 8K dalam hitungan PER DETIK.

Jadi dengan menggunakan transmisi kecepatan ini, kita bisa menyaksikan klip trailer film MCU dengan kualitas 8K langsung dari kita menekan tombol play-nya. Gak pakai acara nge-lag, nge-lag lagi.

Walau ketika membaca beritanya ini kita hanya bisa berkahayal agar teknologi ini bisa sampai ke rumah kita. Well, faktanya khayalan ini bisa terealisasikan kok nantinya. Pasalnya dalam melakukan pengujiannya seluruh peneliti di Jepang, pada dasarnya menggunakan kabel fiber optik standar.

Atau yang rata-rata seluruh pengguna internet di dunia ini gunakan. Jadi ya sekali lagi berdoa saja agar teknologi pemecah rekor ini, bisa segera kita gunakan. Amin. Nah sekarang, bagaimana nih tanggapanmu dengan kabar ini?

Selected for you
Pendiri Microsoft Menemukan Bangkai Kapal Era Perang Dunia!

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications