Facebook kembali menciptakan fitur terbaru yang ter-enkripsi end-to-end untuk aplikasi khusus Messenger. Fungsi dari fitur ini adalah pengguna bisa melakukan percakapan rahasia di Facebook Messenger anti sadap. Jadi sudah dijamin ketentuan privasi jika menggunakan fitur ini.

Nah fitur ini hanya bisa berlaku end-to-end, artinya si pengirim dan penerima memiliki pelindungan yang sama. Pesan yang dikirim hanya bisa dilihat oleh pengguna yang ditujukan saja.

Seperti DafundaTekno dapat kan informasi dari Cnet. Pengguna yang memanfaatkan fitur ini juga dapat mengatur durasi penyimpan pesan di dalam smartphone. Misalkan pengguna ingin mengatur 10 detik supaya percakapan rahasia di Facebook Messenger secara otomatis akan terhapus setelah melewati masa durasi yang sudah diatur.

Bagi yang ingin menggunakan serta memanfaatkan fitur ini, pengguna dengan mudah dapat mengikuti beberapa paduan yang DafundaTekno berikan dibawah ini.

JANGAN LEWATKAN
Inilah Video Detik-detik Meledaknya Roket Pembawa Satelite Facebook

Cara Membuat Percakapan Rahasia di Facebook Messenger

Install Aplikasi Facebook Messengerpercakapan-rahasia-di-facebook-messenger

Pastikan di smartphone Android Kamu sudah terpasang aplikasi Facebook Messenger, Jika belum punya Kamu bisa mengunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store. Jika sudah terinstall selanjutnya buka aplikasi tersebut.

Messenger for Android DOWNLOAD
Aplikasi Messenger langsung di unduh melalui Google Play Store, jadi jangan ragu akan kerusakan filenya.

 

Messenger for iOS DOWNLOAD
Aplikasi Messenger langsung di unduh melalui Apple App Store, jadi jangan ragu akan kerusakan filenya.

 

Buka Opsi Menu Di Aplikasi Messenger

percakapan-rahasia-di-facebook-messenger Coba perhatikan ikon lingkaran dengan gambar seseorang berada diatas tepat dibawah kotak pencarian (khusus di Android). Atau untuk aplikasi Messenger di iOS berada paling bawah disisi kanan (khusus di iOS).

Pilih “Scret Conversation” Untuk Memulai Pecakapan Rahasia

percakapan-rahasia-di-facebook-messenger

Sekarang Kamu bisa memulai percakapan rahasia dengan siapa saja yang Kamu mau, dengan cara pilih tulisan “Secret Conversation” kemudian pilih OK. Dan nyalakan fitur tersebut.

JANGAN LEWATKAN
Cara Mudah Menghentikan "AutoPlay" Video di Browser Apa saja

Setelah fitur ini menyala, Kamu sudah bisa langsung menggunakan untuk memulai percakapan.

Cara Untuk Kembali Ke Laman Home

Nah cara untuk kembali ke laman Home, Kamu bisa memilih ikon “+” untuk di smartphone Android atau ikon pengirim pesan baru yang berada di sudut kanan atas untuk smartphone iOS.

Jika sudah, tekan “Write messages” bagi smartphone Android. Kemudian tekan ikon gembok yang berada disebelah kanan atas bagi perangkat smartpone Android. Sedangkan untuk iOS, logo gembok yang ada di Android digantikan dengan kata “Secret” yang berada disebelah kanan atas.

Langkah terakhir, Sekarang pilih ikon orang yang ingin Kamu ajak bicara. Percakapan bisa terbuka jika Kamu menyentuh ikon gembok dan pilihan orang yang ingin Kamu ajak bicara. Itu merupakan percakapan rahasia yang sedang Kamu gunakan.

JANGAN LEWATKAN
Facebook akan menambahkan Fitur Dislike (Tidak suka)

Warning!!!

Yang perlu Kamu ingat, fitur ini bisa Kamu gunakan jika teman yang Kamu pilih untuk ikut percakapan harus menyalakan fitur “Secret Conversation” ini. Apabila dari salah satu hanya seorang yang mengirim pesan, maka pesan tidak bisa terkirim.

Atur Durasi Untuk Menghapus Pesan Rahasia

Jangan lupa untuk mengatur durasi pesan rahasia Kamu. Pengaturan tersebut bisa Kamu dapatkan melalui ikon jam yang berada disudut kanan bawah percakapan.

Ada beberapa pilihan durasi yang dapat Kamu pilih. Untuk durasi paling cepat, percakapan akan dihapus setelah 5 detik. Sedangkan untuk pilihan paling lama, percakapan rahasia akan dihapus setelah satu hari.

Apabila pesan rahasia Kamu tidak ingin terhapus secara otomatis melalui durasi yang sudah ditentukan. Kamu cukup mengatur timer ke posisi off. Jadi semua pesan akan tetap tersimpan sampai kamu ingin menghapusnya secara manual.

JANGAN LEWATKAN
Google Membuat Aplikasi Chatting Hasil "Contekan" Facebook

Menurut DafundaTekno fitur ini sangat menarik. Namun kekurangannya satu, tidak bisa dipindahkan ke perangak gengam lain. Misalkan Kamu menggunakan Ponsel A untuk memulai percakapan rahasia dengan ponsel B. Disini hanya ponsel A dan B yang bisa mengakses percakapan rahasia tersebut. Kamu tidak bisa untuk melanjutkan percakapan rahasia tersebut menggunakan ponsel C atau perangkat lain.
Contohnya, Anda menggunakan ponsel A untuk memulai percakapan rahasia dengan ponsel B. Bila enkripsi tersebut menyala, maka hanya ponsel A dan B saja yang bisa mengakses percakapan tersebut. Anda tak akan bisa melanjutkan percakapan rahasia itu di ponsel C atau yang lainnya.

Bagaimana apa Kamu sudah mencoba fitur baru ini ? jika sudah, jangan lupa dibagikan pengalaman Kamu menggunakan fitur percakapan rahasia di Facebook Messenger satu ini.

BAGIKAN
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...