Mengenal Sistem Operasi DOS, Pesaing Windows, Linux, Dll

in
Apa Itu DOS Atau Apa Itu OS DOS By Dafunda Tekno

Sewaktu ada brosur atau penawaran perangkat seperti laptop dan komputer yang di tulis pada keterangan menggunakan OS DOS, pasti kebanyakan orang yang sadar akan bingung. Apa itu OS DOS dan perbedaannya dengan Windows atau OS lainnya?

Seperti yang kita ketahui, sistem operasi terkenal yang digunakan oleh pengguna dari berbagai kalangan ada seperti Windows, Linux dan OS lainnya. Buat kamu yang pengen coba DOS, seperti apa sih spesifikasi dan fitur-fiturnya? Mari kita bahas.

Mengenal Apa Itu DOS

Sistem Operasi DOS juga sering disebutkan sebagai perangkat kosongan, atau sering dianggap belum punya sistem operasi. Padahal DOS adalah sistem operasi default yang bahkan akan ada selalu pada komputer pribadi. Penasaran seperti apa?

Apa Itu DOS Atau Apa Itu OS DOS By Dafunda Tekno
Penampakan DOS

Baca Juga: Mengenal CMD (Command Prompt)

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mengunci File Tanpa Software Di Windows

DOS atau Disk Operating System adalah sistem operasi bawaan generik yang ada pada perangkat komputer pribadi. OS ini akan beroperasi jika mendapat perintah berbentuk teks pada Command Line yang dibuat oleh pengguna komputer itu sendiri.

Sebelum adanya Windows, DOS sudah ada lebih dulu. Sistem Operasi tersebut digunakan pada tahun 1980, lebih tua dan menjadi pendahulunya Windows.

DOS Sendiri diciptakan oleh IMB Corp dan pertama kali dinamai PC-DOS, yaitu personal komputer dengan sistem operasi 16 bit pertama yang menggantikan CP/M atau Control Program/Monitor. Kemudian dikembangkan oleh Microsoft.


Apakah DOS Masih Digunakan?

Jika kamu berpikir kalau DOS sudah tidak lagi diperlukan bahkan digunakan lagi, maka hal itu adalah salah. DOS bahkan beroperasi setiap harinya di perangkat komputer yang kamu gunakan, karena OS itu selalu berjalan di belakang layar.

JANGAN LEWATKAN •
Bethesda Tuntut Warner Bros Karena Dituduh Meniru Gaya Fallout Shelter

Saat perangkat komputer dinyalakan, maka DOS akan mulai bekerja dan beroperasi di belakang layar. DOS membantu OS Windows dengan mengelola sumber daya yang ada pada sistem komputer. Tanpa DOS, maka komputer tidak bisa hidup.


Fungsi DOS

Setelah membaca penjelasan tadi dengan seksama, mungkin kalian sudah mengerti atau paham seperti apa itu DOS dan perannya. Pengecekan masalah Windows juga dibantu DOS. Untuk melengkapi, inilah fungsi-fungsi DOS lainnya:

  • Mengatur Alokasi Memori.
  • Mengendalikan Task sistem komputer.
  • Mengelola Proses data masuk dan keluar.
  • Memanajemen File dan Directory.

Kesimpulan:

Sedikit menyimpulkan inti dari pembahasan apa itu OS DOS bagi yang belum mengerti, jadi DOS adalah sistem operasi yang membantu OS lain seperti Windows dan Linux dengan bekerja di belakang layar, misalnya waktu Booting.

Setiap kita menjalankan Software atau aplikasi-aplikasi tertentu, di saat itu juga DOS langsung bekerja mengelola data di belakang layar. System32 adalah bagian terpenting dari DOS, jangan pernah di otak-atik atau sekali-sekali coba dihapus.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Install Android Studio Buat Developer yang Pemula

Jika kalian punya pengalaman terkait topik ini, atau ada yang mau ditanggapi. Coba deh kasih tau kita di kolom komentar, sekian dan semoga bermanfaat.