WhatsApp Tidak Patuh dengan Permintaan Pemerintah Amerika Serikat

in ,
Masalah WhatsApp Dengan Pihak Amerika

Di awal Oktober lalu otoritas Amerika Serikat, Inggris dan Australia mengirim surat untuk Facebook supaya menghentikan rencana untuk menanamkan teknologi penyandian di layanan pesannya. Lantas pihak WhatsApp menolak secara tegas soal permintaan tersebut.

Direktur Kebijakan WhatsApp APAC, Clair Deevy menyebutkan jika platformnya akan terus membentuk kebijakan enkripsi end to end. Dengan begitu hanya orang yang mengirim dan menerima pesan saja yang bisa melihat pesan.

WhasApp Tidak Indahkan Permintaan Amerika Serikat

Kebijakan itu juga menjadi standar pada seluruh layanan WhatsApp. Baik itu lewat pesan teks, panggilan suara hingga video.

“Kami akan mempertahankan komitmen kami” Pasalnya sangatlah penting untuk menjaga privasi percakapan” ungkap Clair saat ditemui di Kominfo.

“Kami akan terus melakukan enskripsi end to end. Kami merasa jika privasi itu sangat penting dan mengirim pesan antar teman dan keluarga itu tetap menjadi hal pribadi” tambahnya.

Facebook Terapkan Penyandian Pada Layanannya

Mengenai kabar terkait dengan menjaga privasi ini, enkripsi atau penyandian end to end pada layanan Facebook dalam beberapa waktu lalu terusik. Alasan itulah membuat pejabat Amerika Serikat, Inggris dan Australia meminta supaya penegak hukum dapat mengakses pesan saat diinvestigasi teroris. Hingga kasus pelecahan anak-anak dan kriminal lainnya.

Departemen Kehakiman AS sebelumnya sudah lama tidak setuju dengan adanya penyandian pesan yang dianggap mereka untuk melawan kriminal. FBI juga pernah memohon supaya Apple membuka pesan iPhone milik tersangka pembunuhan massal di California. Namun tidak dikabulkan oleh Apple.

“Perusahaan pada dasarnya tidak seharusnya untuk membuat sistem untuk mencegah akses pada konten, membatasi investigasi kriminalitas yang serius” tulis Jaksa Umum Amerika Serikat, Wiliam Barr di dalam surat bersama dengan pejabat Inggris dan Australia.

Bagaimana menurut kalian tentang hal ini? Komen di bawah ya gengs.

Ayo mulai berdiksusi