Andai Belum Punah, Makhluk-makhluk Ini akan Mengoyak Kehidupan Planet Bumi

in ,
Megalodon Shark

Ada beberapa perbedaan besar antara hewan yang hidup pada era modern sekarang dengan hewan yang hidup di masa prasejerah. Perbedaan paling mendasar yang kebanyakan semua orang tahu adalah ukuran dari hewan-hewan tersebut.

Bukan berarti semua hewan yang hidup dahulu kala memiliki ukuran raksasa. Tapi setidaknya “kebanyakan” hewan dahulu kala memang memiliki tubuh yang lebih besar daripada hewan pada era modern sekarang. Selain itu mereka juga tampak lebih menyeramkan dan ganas.

Kebanyakan hewan mengerikan yang hidup jutaan atau ribuan tahun yang lalu sudah tidak ada lagi sekarang. Dengan beberapa fakta mengerikan dari hewan-hewan tersebut, jika kita berandai-andai, mereka masih ada saat ini, mungkin beberapa kehidupan di bumi ini akan terhapus. Artinya beberapa spesies makhluk hidup bisa saja punah.

Hewan Prasejarah yang Siap Musnahkan Kehidupan Seandainya Masih Ada

Hiu Megalodon

Hiu purba yang satu ini termasuk predator laut paling mengerikan yang pernah ada. Bagaimana tidak mengerikan, ukuran rata-ratanya 13 meter, tetapi yang terbesar dapat mungkin mencapai panjang 20 meter dengan berat 100 ton.

Mereka juga dilengkapi dengan deretan gigi mengerikan dari 7 sampai 18 cm. Dengan itu mereka tidak perlu mengincar daging lunak seperti predator lainnya karena giginya saja mampu menembus tulang mangsanya.

Dengan fakta itu saja memungkinkan predator ini memusnahkan beberapa kehidupan di lautan. Lalu, jika disandingkan dengan pendapat dari para ilmuwan yang menyebut jika megalodon menjelajahi lautan dengan berkelompok. Bisa dibayangkan berapa banyak korban dari hiu purba yang satu ini jika masih ada.

Titanoboa

Titanoboa memang sungguh luar biasa. Panjang mereka dapat mencapai 15 meter. Menjadikan mereka sebagai ular terbesar yang pernah ada di planet ini. Yang lebih mengerikannya lagi cara mereka memangsa tidak seperti ular besar lain seperti piton, yang melilit mangsanya sampai lemas, Titanoboa malah berburu layaknya seekor buaya, yakni mengendap kemudian menerkam mangsanya.

Mangsanya sendiri sungguh mengejutkan. Mereka memakan buaya, bahkan kura-kura purba, tentu ukurannya juga besar. Tapi, dengan diameter dan ukuran titanoboa, mereka seperti cemilan baginya. Jelas jika saja mereka masih ada, hanya sedikit hewan yang mampu bersaing. Dan jika titanoboa sudah memutuskan untuk memangsa beberapa makhluk hidup, siapa yang mampu melawan?

Sarcosuchus imperator

Sarcosuchus imperator adalah salah satu buaya terbesar yang pernah hidup di bumi. Ketika sudah dewasa, buaya ini dipercaya dapat memiliki panjang 12 m, dua kali lebih besar daripada buaya besar saat ini. Bukan hanya ukurannya yang lebih besar, mereka juga memiliki gigitan yang luar biasa.

Buaya sekarang saja termasuk salah satu pemilik gigitan terkuat. Lalu bagaimana dengan buaya purba ini yang memiliki gigitan 10 kali lipat lebih mengerikan daripada buaya yang hidup sekarang?

Smilodon

Smilodon hidup 10.000 tahun yang lalu. Artinya pada saat itu mereka kemungkinan besar pernah hidup dengan manusia. Hal yang mengerikan dari hewan ini bukan hanya ukurannya yang lebih besar dari kucing besar saat ini.

Mereka juga tercatat sebagai satu-satunya “kucing” prasejarah yang membuat salah satu spesies hewan mengalami kepunahan. Korban dari keganasan hewan ini bahkan merupakan sesama predator bertaring lain, yakni Thylacosmilus.

Mosasaurus

Mosasaurus adalah hewan yang sangat besar dengan panjang bisa mencapai 15 meter. Ukurannya yang besar tersebut membuat dia menjadi predator terbesar pada periode Cretaceous. Bahkan dia mempunyai ratusan gigi tajam yang bisa menghancurkan mangsanya, bahkan hewan dengan kulit setebal apapun.

Dunkleosteus

Dunkleosteus adalah predator ikan prasejarah yang hidup 360 juta tahun yang lalu, lebih tua dari Megalodon. Bahkan lebih tua dari dinosaurus. Satwa ini berukuran maksimal 9 meter.

Meskipun sebagai karnivora menakutkan, Dunkleosteus tidak memiliki banyak gigi tajam, layaknya seperti karnivora umumnya. Namun, Dunkleosteus memiliki kepala yang dibalut dengan lempeng tulang sebagai perisai, membentuk 2 taring panjang, masing-masing di rahang atas dan bawah.

Taring ini bekerja sebagai gigi untuk menggigit, bahkan dapat dengan mudah menghancurkan tubuh mangsanya. Selain memangsa hewan, predator ini juga memangsa sesamanya.

Para ilmuwan yang mempelajari tulang tengkorak dari fosil Dunkleosteus, menemukan serpihan luka besar di bagian tulang tersebut. Menurut mereka, satu-satunya peran laut yang mampu menimbulkan bekas luka seperti itu adalah sesama Dunkleosteus. Para ilmuwan meyakini, Dunkleosteus saling menyerang untuk memperebutkan wilayah.

Kronosaurus

Kronosaurus hidup pada awal Era Kretaseus, sekitar 110 juta tahun yang lalu. Dengan panjang tubuh 9 sampai 10 meter mereka menjadi plesiosauria terbesar di zamannya. Selain ukuran, mereka juga memiliki bentuk unik seperti kepalanya yang besar dan ramping, tubuh yang keras, dan mempunyai empat sirip dan ekor. Kronosaurus mempunyai banyak gigi kerucut sangat runcing.


Itulah beberapa hewan prasejarah yang pernah ada di bumi. Andai mereka masih ada, bisa di bayangkan bagaimana kekacauan yang akan terjadi.

Sumber: Mongabay

Tinggalkan Balasan