Ini Dia Asal-Usul Dari Meme “Kok Gak Keliatan” John Cena

in ,
Meme John Cena
Yah, kasian gak pernah keliatan | Know Your Meme

Kamu-kamu yang doyan dengan meme, pastinya familiar banget dengan meme “kok gak keliatan”-nya John Cena.

Ya meme ini adalah salah satu dari sekian banyak meme kreatif yang sangat populer. Dan umumnya meme ini digunakan untuk nge-becandain sosok Cena.

Spesifiknya, walau Cena tampak di fotonya, namun netizen lantas menganggapnya kalau ia tidak ada di foto.

Meme John Cena
Bis lia tuh buktinya | Imgflip

Sehingga ketika katakanlah di fotonya ia sedang memegang senjata mesin, lalu netizen berkomentar, “kok senjata mesinnya mengapung sendiri?” Atau, “kok pelurunya keluar sendiri sih?” atau candaan-candaan lainnya.

Dan komen bercandaan meme ini terus digunakan oleh banyak netizen. Bahkan, mungkin kita juga sering ikut-ikutan. Nah pertanyaannya sekarang, kalian tahu gak sih asal usul atau berdasarkan apa meme ini?

Nah makanya, kalau belum mngetahui, jangan asal main ikutan saja dan pahami dulu maknanya melalui pembahasan berikut ini.

JANGAN LEWATKAN •
2K Diretas dan Meminta Maaf atas Postingan Rasis di Media Sosial!

Asal Usul-nya

Meme ini, didasari dari salah satu quote atau catchphrase yang sering diucapkan oleh Cena di program / ring gulat profesional, World Wrestling Entertainment (WWE).

Dan quote yang sering diucapkan oleh Cena tersebut adalah, “You Can’t See Me”. Yang mana tentunya kalau diterjemahkan secara harfiah atau literal, “kamu gak bisa lihat saya”.

Dan ketika mengucapkannya, Cena sembari menggoyangkan telapak tangannya di wajahnya. Menurut juara WWE 16 kali ini, asal usul / inspirasi goyang dan catchphrase-nya ini berasal dari salah satu adik kandungnya, Sean Cena.

Jadi suatau hari, Cena dan Sean sedang eksperimen berbagai beat rap, hip hop. Nah ketika mendengar salah satu beat-nya, Sean secara natural langsung saja menggoyangkan kepala sambari mengangkat telapak tangan di wajahnya.

Melihat kekonyolan si adik, Cena pun terinspirasi untuk menconteknya dan lantas, menggunakannya sebagai bagian dari gimmick rapper-nya di WWE. Namun ketika menggunakannya, Cena memodifikasinya sedikit.

JANGAN LEWATKAN •
Pegulat John Cena Lagi - Lagi Ungkap Kecintaannya Kepada BTS!

Spesifiknya, bukan kepala yang digoyang, namun tangan 5 jarinya lah yang digerakkan di depan wajahnya. Dan pada akhirnya seperti kata pepatah, “The rest is history”.

Makna You Can’t See Me Sesungguhnya

Perlu diingat ketika pertama kali Cena terinspirasi untuk mencontek kekonyolan Sean, ia hanay mencontek dan me-modifikasi gerakan konyolnya. Catchphrase, “You Can’t See Me” baru belakangan ditambahkan oleh Cena.

Lalu apa sih makna sesungguhnya dari catchphrase tersebut? Menurut pegulat yang kini lebih sibuk sebagai bintang film ini, makna catchphrase tersebut adalah untuk mengejek lawannya di ring.

Spesifiknya ejekan tersebut adalah: “Lo gak lebih hebat dari gue”, “Lo gak se-level  sama gue”. Selain itu ya dengan gimmick –nya yang sekarang seperti tentara patriotik, makna catchphrase ini juga bisa bermakna kamuflase (camouflage).

Meme John Cena
You Can’t See Me | Social Ketchup

Nah jadi, jelas ya guys. Jadi “You Can’t See Me” bukan diterjemahkan secara literal. Tapi ya sudahlah. Toh dengan diterjemahkan secara literal, menjadi hiburan bagi kita juga bukan? Cuma kenapa gue mau ngejelasin hal ini?

JANGAN LEWATKAN •
John Cena Resmi Gabung Fast & Furious 9

Karena ya biar meng-edukasi kalian dan sejujurnya, gue fanboy WWE sejak pertengahan 90an (dari zaman masih namanya WWF).

Tentunya sebagai fanboy veteran, pastinay gue merasa greget saja mendengar tren ikut-ikutan meme John Cena ini tapi, kebanyakan tren-nya karena ngikut-ngikut aja tanpa tahu makna sesungguhnya.

Kalau kamu fanboy juga atau fanboy produk geek, pastinya pernah merasakan hal yang sama bukan apabila mendengar ada teman kamu atau orang lain, ikutan ngomong istilah geeky-nya tapi, ia cuma asal ikutan tanpa ngerti maknanya? Ya gue juga begitu.

Semoga penjelasan ini bisa mencerahkan kalian ya guys!