Selain Indonesia, Ternyata 10 Negara Ini Juga Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

in , , ,
Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 11

Beredar wacana bahwa Pemerintah RI akan memindahkan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke daerah lain. Hal ini diusulkan oleh Presiden Jokowi dalam rapat terbatas. Wacana ini sebenarnya pernah muncul beberapa tahun lalu, namun kembali surut karena belum ada kejelasan. Selain Indonesia, ternyata ada sejumlah negara lain yang sudah melakukan hal ini karena suatu alasan tertentu.

Berikut 10 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kota Negara

Brazil

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota

Pertama adalah negara Brazil yang pernah melakukan kebijakan pemindahan ibukota negara, awalnya Kota Rio de Janeiro di Brazil adalah pusat ibukota negeri samba, terhitung hingga tahun 1960 lalu. Namun, Pemerintah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Negara Brazil ke sebuah kota baru yang bernama Brasilia.

JANGAN LEWATKAN •
Deretan Pejabat Negara di Dunia yang Diganti karena Padam Listrik

Nigeria

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 2

Beralih ke benua Afrika, ternyata Nigeria pernah melakukan kebijakan pemindahan ibukota. Dahulunya, ibukota Nigeria terletak di Lagos, namun pada 1991 pemerintah negara Nigeria memutuskan untuk memindahkan pusat pemerintahannya, ke Abuja.

Perpindahan ini disinyalir karena dipengaruhi oleh padatnya populasi di Lagos. Selain itu, Abuja juga dipandang netral dari segi kultural mengingat Nigeria memiliki banyak kelompok etnis dan agama.

Pakistan

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 3

Selanjutnya di Asia ada Pakistan yang pernah melakukan pergantian ibukota tepatnya pada tahun 1959, Pakistan memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Negaranya dari Karachi ke Islamabad. Diperlukan waktu yang cukup panjang untuk membangun Islamabad yang difungsikan sebagai Ibu Kota Negara Pakistan. Tahun 1961, Islamabad selesai dibangun menjadi Ibu Kota Negara.

Myanmar

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 4

Pada 6 November 2005, Kota Naypyidaw resmi menjadi Ibu Kota Administratif Myanmar, setelah sebelumnya berpusat di Yangoon. Namun, pengumuman nama Naypyidaw secara resmi baru dilakukan pada 27 Maret 2006 saat ulang tahun angkatan bersenjata Myanmar.

JANGAN LEWATKAN •
Ini 6 Musisi Pop Jepang Yang Akan Hadir di Anime Festival Asia 2018 Jakarta

Malaysia

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 5

Selanjutnya ada tetangga Indonesia yaitu Malaysia yang pernah melakukan pemindahan pusat pemerintahan mereka. Sama seperti ibu kota negara di Asia Tenggara lain, Kuala Lumpur harus berhadapan dengan masalah kemacetan dan kepadatan penduduk sehingga pada 1999, Pemerintah Malaysia mengambil keputusan memindahkan pusat pemerintahan ke Putrajaya.

Putrajaya merupakan sebuah kota baru dan mandiri. Kantor Perdana Menteri dipindahkan ke Putrajaya. Namun, tidak demikian dengan Gedung Parlemen dan pusat perekonomian tetap berada di Kuala Lumpur.

Australia

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 6

Selanjutnya dari benua Australia ternyata negeri kanguru ini juga pernah melakukan pemindahan ibukota negara. Sekarang ini, Canberra merupakan Ibu Kota Negara Australia. Namun, ternyata Melbourne adalah Ibu Kota pertama dari Negara Australia.

Pada tahun 1911, pemerintah mengadakan sayembara pemilihan Ibu Kota dengan catatan sang pemenang harus memiliki taman kota yang besar. Rupanya, hanya Canberra yang memenuhi syarat ini.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah Lineup Lengkap SHVR GROUND FESTIVAL Yang Akan Dimeriahkan Oleh Alan Walker!

Inggris

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 7

Seperti yang diketahui, Inggris merupakan sebuah negara industri yang maju. Rupanya, London bukanlah Ibu Kota Negara Inggris pada mulanya. Sebelum London dijadikan Ibu Kota Negara Inggris, Winchester menjadi Ibu Kota Negara Inggris. Tahun 1066 pemerintah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota ke London.

Rusia

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 8

Ibu Kota Rusia kini adalah Moskow. Siapa sangka jika Rusia pernah memindahkan Ibu Kota Negaranya sebanyak dua kali. Moskow memang menjadi Ibu Kota pertama Negara Rusia. Namun di tahun 1712, Pemerintah memutuskan untuk memindahkannya ke St. Petersburg. Pasalnya, St. Petersburg punya akses yang dekat ke Eropa. Di tahun 1918, Pemerintah mengembalikan Ibu Kota Negara Rusia kepada Moskow.

India

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 9 2

Pemindahan Ibu Kota Negara India dinilai berjalan dengan lancar. Seperti yang diketahui, kini Ibu Kota Negara India adalah New Delhi. Sebelumnya, Delhi yang menjadi Ibu Kota Negara India. Pemindahan dinilai berjalan lancar lantaran letak kedua daerah yang tidak terlalu jauh.

JANGAN LEWATKAN •
Arena Konser Musik Dan Event Top Inggris O2 Arena Resmi Ditutup Sementara Waktu

Kazakhstan

Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota 10

Kazakhstan juga menjadi negara yang pernah memindahkan Ibu Kota Negaranya. Hingga tahun 1997, Almaty menjadi Ibu Kota Negara Kazakhstan. Namun, Pemerintah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kotanya ke Astana. Hal ini dikarenakan Almaty dinilai memiliki luas yang terlalu sempit serta rawan gempa bumi.


Nah, itulah 10 negara di dunia yang pernah melakukan pemindahan ibukota, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.