5 Teknologi Hebat ini Ternyata Ditemukan Secara Tidak Sengaja

in , ,

Setiap produk teknologi yang ada pada saat ini tercipta lantaran penemunya menginginkan kehadiran dari teknologi itu sendiri, Contohnya smartphone. Teknologi yang satu ini sengaja diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi. Lantas apakah ada teknologi yang hebat tercipta karena ketidaksengajaan?

Percaya atau tidak, produk teknologi seperti itu memang ada. Bahkan tidak cuma hebat tapi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Teknologi apa yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya!

5 Teknologi Hebat Yang Ditemukan Secara Tidak Sengaja

1. Teknologi X-Ray (Rontgen)

X-Ray atau lebih dikenal dengan sebutan rontgen merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk melihat tulang dalam tubuh manusia. Nah, X-Ray sendiri ditemukan oleh Wilhelm Roentgen secara tak sengaja ketika dirinya melakukan sebuah eksperimen dengan menggunakan tabung Lenard dan tabung Crookes.

JANGAN LEWATKAN •
Beneran Nyata! Ilmuwan ini Berhasil Temukan 1000 Triliun Ton Berlian dibawah Permukaan Bumi

Dalam eksperimennya itu, Roentgen lantas melihat adanya cahaya yang bisa menembus semua objek dan hanya menyisakan objek solid. Sejak saat itu pula X-Ray mulai dikembangkan dan banyak digunakan untuk kepentingan medis.

2. Serbuk pistol

Pada awalnya serbuk pistol merupakan bagian dari eksperimen tabib-tabib di China pada masa lampau. Serbuk yang mereka gunakan tadinya bertujuan sebagai eliksir untuk mendapatkan kehidupan abadi.

Dalam perkembangannya, obat yang mereka ciptakan ternyata mampu menimbulkan ledakan. Dari sana mereka akhirnya sadar bahwa substansi baru ini bisa digunakan untuk hal yang lain.

3. Lem super

Super glue atau lem super memiliki nama asli cyanoacrylate. Jenis lem ini ditemukan oleh Harry Coover Junior di masa perang dunia kedua. Pada awalnya Harry mencoba untuk mencari cara membuat teropong tembakan berbahan dasar plastik.

Namun, saat bereksperimen dengan materi acrylates, dirinya tak menyadari jika formula yang dia ciptakan terlalu lengket.

JANGAN LEWATKAN •
Beneran Nyata! Ilmuwan ini Berhasil Temukan 1000 Triliun Ton Berlian dibawah Permukaan Bumi

Harry sempat meninggalkan formula yang dia ciptakan. Tapi dalam beberapa tahun kemudian, Harry kembali menyempurnakan penemuannya tersebut dan menjadi lem super seperti yang kita gunakan saat ini.

4. Obat Penisilin

Obat Penisilin
Obat Penisilin

Dalam dunia medis, penisilin biasanya dipakai sebagai obat antibiotik. Tapi jenis obat ini ternyata ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir Alexander Fleming pada tahun 1928.

Ketika itu, Fleming bereksperimen untuk mengembangkan bakteri, akan tetapi dia malah menemukan fakta baru di mana ada pertumbuhan yang tak terduga dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri di cawan petrinya.

5. Velcro (Perekat)

Orang Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan perekat. Biasanya dipakai pada produk tas, sepatu, dan jaket. Velcro ditemukan oleh George de Mestral secara tak sengaja setelah dirinya penasaran melihat biji Burdock yang sangat mudah menempel di bulu anjing serta jaketnya.

JANGAN LEWATKAN •
Beneran Nyata! Ilmuwan ini Berhasil Temukan 1000 Triliun Ton Berlian dibawah Permukaan Bumi

Itulah penemuan-penemuan yang tidak sengaja ditemukan. Jangan berkecil hati jika hasil penemuan kalian gagal, karena siapa tahu sebenarnya dari kegagalan tersebut ada hal yang menarik. Mungkin kalian bisa mendapatkan penemuan baru yang lebih hebat, ya kan?