Tencent Kembangkan Sayapnya Ke Ranah Esports MOBA

in ,
Tencent Kembangkan Sayapnya Ke Ranah Esports MOBA
Tencent Kembangkan Sayapnya Ke Ranah Esports MOBA | Oneesports.gg

Setelah sukses dengan PUBG Mobile yang kini telah memasuki season 11, tampaknya Tencent ingin mengembangkan sayapnya di ranah esports MOBA. Untuk memperluas pengembangan esports untuk judul MOBA mereka yakni Honor of Kings, Tencent berencana untuk mengubah ekosistem esports game.

Di China, Tencent telah mengkonfirmasi bahwa enam tim Honor of Kings akan menyiapkan tempat tinggal mereka di kota-kota yang sangat terhubung.

Lokasi-lokasi yang dipilih adalah Chengdu, Shanghai, Wuhan, Nanjing, Chongqing, dan Guangzhou. Lokasi ini dipilih karena mengingat pengembangan infrastruktur generasi mendatang yang akan kondusif bagi pertumbuhan esports di lokasi tersebut.

Fokus Utama Tencent Untuk Game Honor of Kings

Dalam upaya Tencent mengembangkan game Honor of Kings miliknya. Ada beberapa fokus utama yang harus di benah dalam membangun game ini. Honor of Kings akan fokus pada tiga bidang penting yakni:

  • Mempercepat pertumbuhan tim profesional
  • Pengembangan lokal, serta
  • Ekspansi internasional

“Kami ingin membawa Honor of Kings ke tingkat berikutnya,”

Ujar Yijia Zhang, Ketua, King Pro League (KPL).

Selain itu, untuk menumbuhkan liga profesional, Tencent membuka enam tempat baru di semi-pro KPL G-League (KGL) yang dapat bersaing dengan tim amatir. Struktur baru ini memastikan lebih banyak pemain dapat bergabung dengan KPL.

Divisi luar negeri untuk turnamen pro Honor of Kings, Korea King Pro League, akan diubah dan diganti menjadi King Pro League Global tour. Hal ini menjadikan turnamen sebagai platform global yang tentunya akan terus berkembang.

Apa Perbedaan Antara Honor of Kings dan Arena of Valor

Perbedaan HoK Dan AoV
AOV dan HoK

Dibalik kesuksesan Arena of Valor, ternyata game ini memiliki sejarah yang panjang. Dan tentunya kalian semua akan bertanya – tanya kenapa game ini memiliki nama yang berbeda di setiap negara?

Ternyata pihak Tencent selaku publisher yang berasal dari negeri China ini, pertama kali meluncurkan game ini dengan nama Honor Of King atau Kings Of Glory.

Game ini sengaja dirilis dengan server yang berbeda untuk setiap regional, jadi tidak akan ada server Global untuk game keluaran Tencent ini. Disetiap regional yang memiliki game ini dirilis dengan nama yang berbeda-beda. Meskipun begitu game ini tetap memiliki gameplay, desain karakter yang sama.

Ikuti Jejak Kesuksesan Game Moba

Game Arena of Valor pertama kali diciptakan karena terinspirasi oleh League of Legends keluaran Riot Games, yang merupakan anak perusahan dari Tencent. Game LoL yang dirilis untuk perangkat PC ini bisa dibilang sangat sukses sekali dan meraup keuntungan yang sangat besar di berbagai negara.

Melihat kesuksesan yang didapatkan LoL, maka dari itu pihak Tencent mencoba merilis game yang serupa tetapi dikhususkan untuk perangkat mobile. Dengan mengusung nama Honor Of King atau Kings Of Glory versi Cina pada bulan November 2015, lalu dirilis untuk beberapa negara dengan nama yang berbeda – beda.

Sedangkan Honor of Kings bisa dibilang game pertama yang jadi cikal bakal Arena Of Valor seperti sekarang ini. Game ini merupakan game moba pertama yang dibuat oleh Tencent di China yang diterbitkan oleh Garena.

Yang berbeda dari HoK dengan versi lainnya adalah kalian perlu membuat akun di TencentQQ atau menggunakan Wechat untuk login kedalam game ini. Akun TencenQQ sendiri tidak bisa kalian gunakan untuk login kedalam game AoV versi negara lain.

Menarik kita tunggu kejutan apa yang akan disuguhkan oleh Tencent yang kini terus berkembang menjadi salah satu perusahaan game paling terkenal.

Tinggalkan Balasan