Asal usul Morbius, Musuh Spider-Man Yang Memiliki Kekuatan Vampir

in ,
Morbius
Morbius | Marvel Comics

Sony terus mengembangkan dunia sinematiknya sendiri yang diisi dengan karakter Spider-Man. Setelah sukses secara box office dengan Venom, Sony akan kembali merilis film Morbius, salah satu penjahat Spider-Man yang memiliki kekuatan Vampir.

Trailer Morbius sudah rilis dan mengkonfirmasi akan berlangsung di MCU. Michael Morbius terlihat sedang berinteraksi dengan penjahat yang muncul di Spider-Man: Homecoming, Vulture yang diperankan oleh Michael Keaton.

Nah, Sambil menunggu film Morbius rilis, kali ini Dafunda Komik akan mengajak kalian untuk mengenal lebih dalam tentang asal usul Morbius The Living Vampire. Tanpa berlama-lama lagi berikut pembahasannya.

Asal usul Morbius

Morbius
Morbius the Living Vampire | Marvel Comics

Dr. Michael Morbius adalah seorang ilmuwan yang lahir di Yunani yang menjadi ahli biokimia yang memenangkan Hadiah Nobel. Dia menderita penyakit darah langka yang melemahkannya. Morbius kemudian mengembangkan pengobatan eksperimental yang melibatkan kelelawar vampir.

Dia mungkin berhasil sembuh, namun harus menerima efek samping yang mengubahnya menjadi Vampir dan perlu mengonsumsi darah agar bisa bertahan hidup. Layaknya seorang Vampir, dia takut terhadap matahari, memiliki kemampuan terbang, memiliki kekuatan, kecepatan, dan penyembuhan seperti kelelawar.

Penampilan Morbius secara keseluruhan juga berubah. Dia sekarang memiliki taring, hidungnya rata, dan kulitnya menjadi sangat pucat. Selain itu para korban gigitannya akan berubah menjadi vampir yang hidup sendiri. Ketika ia pertama kali mengalami perubahan, ia membunuh asisten yang membantunya mengembangkan ekperimen ini.

Pertemuan Pertama Morbius Dengan Spider-Man

The Amazing Spider Man
Komik The Amazing Spider Man | Marvel Comics

Dalam komik The Amazing Spider-Man Vol 1 #101, Morbius melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dengan kapal. Karena haus darahnya tidak tertahan, dia menghabisi dan membantai para kru kapal.

Morbius mencoba bunuh diri tetapi gagal dan bersembunyi di sebuah rumah dimana dia bertemu Spider-Man, yang pada saat itu, mencoba mengembalikan proses yang membuatnya memiliki enam tangan. Morbius menyerang Spider-Man, akan tetapi pertempuran mereka terganggu oleh Dr. Connors yang berubah menjadi The Lizard.

Morbius melarikan diri dan sempat menggigit Connors dan membuatnya setengah tubuhnya kembali normal. Spider-Man dan Connors menyadari bahwa darah Morbius bisa menjadi obat bagi mereka berdua dan memutuskan untuk saling bekerjasama.

Mereka mencarinya dan berhasil mengektrasi sebagian darah Morbius. Connors akhirnya tetap dalam kondisi manusia (tidak berubah menjadi the Lizard lagi) dan Spider-Man berhasil menghilangkan lengan tambahannya.

Kekuatan Morbius

Morbius The Living Vampire
Morbius The Living Vampire | Marvel Comics

1. Kekuatan Vampir

Morbius telah berubah menjadi makhluk yang mirip dengan vampir. Karena hal itu ia memiliki sejumlah kemampuan manusia super yang sama dengan yang dimiliki oleh para vampir sejati. Morbius mungkin bukanlah vampir sejati karena sumber transformasinya berasal dari ilmiah dan bukan mistis/supranatural.

2. Memiliki Taring & Cakar

Morbius memiliki gigi taring memanjang yang ia gunakan untuk menusuk daging makhluk lain untuk tujuan mengonsumsi darah mereka. Morbius dapat menggunakan taringnya sebagai senjata dalam situasi pertempuran jarak dekat. Dia juga memiliki cakar yang keluar dari masing-masing jarinya. Dengan cakar ini, ia mampu merobek daging dan tulang manusia dengan mudah.

3. Penyebuhan Super

Seperti halnya vampir sejati, Morbius memiliki kemampuan penyembuhan yang cepat. Hal ini memungkinkannya untuk meregenerasi jaringan tubuh yang rusak lebih cepat dan lebih luas daripada manusia normal.

Cedera seperti tembakan, tebasan, dan luka bakar bisa sembuh dalam beberapa menit atau jam, tergantung pada tingkat keparahannya. Meskipun begitu, kekuatan penyembuhan Morbius tidak cukup untuk meregenerasi anggota tubuh atau organ yang hilang.

4. Sensitivitas Indera

asal usul Morbius
Morbius | Marvel Comics

Indera penglihatan dan penciuman Morbius mengalami peningkatan yang jauh melampaui manusia normal. Morbius mampu mendeteksi objek dengan kejelasan sempurna. Dia bisa melihat objek tersebut dengan jelas, walaupun lingkungannya dalam keadaan gelap total.

Dia juga dapat melihat ujung infra merah dari spektrum elektromagnetik. Hal ini memungkinkannya untuk melihat seseorang di malam hari dari panas tubuh mereka. Indera penciumannya juga meningkat dan mampu mendeteksi aroma darah di udara dari jarak yang jauh.

5. Kekuatan Manusia Super

Morbius memiliki kekuatan manusia super (yang tergantung pada jumlah darah dan jenis darah yang dikonsumsinya). Pada puncak kekuatannya, Morbius memiliki kekuatan manusia super yang cukup kuat untuk mengangkat beban seberat 680 Kg.

6. Hipnotis

Morbius
Morbius | Marvel Comics

Morbius bisa menghipnotis orang lain jika mereka melihat langsung ke matanya dengan cukup lama. Saat di bawah kendalinya, Morbius biasanya memiliki kendali penuh atas individu tersebut. Jika seseorang memiliki kemauan dan tekat yang cukup kuat, mereka dapat melawan atau menghindari kekuatan ini.

7. Bisa Terbang

Melalui mediasi, Morbius dapat terbang di udara. Namun ia hanya bisa terbang dengan kecepatan sekitar 56 km/jam dan jarak terbangnya juga tidak jauh.

8. Abadi

Spider Man Alien Reality
Spider Man Alien Reality | Marvel Comics

Dalam komik Symbiote Spider-Man: Alien Reality #3, Morbius mengklaim dirinya tidak menua.

Kelemahan Morbius

  • Salah satu kelemahan Morbius adalah apabila dia tidak mengkonsumsi darah segar dalam seminggu, dia akan menjadi lemah dan akan kehilangan kendali.
  • Meskipun tidak bisa dibunuh dengan sinar matahari, kulit dan mata Morbius sangat sensitif jika terpapar sinar matahari secara terus menerus.

Profil Morbius

Nama AsliDr. Michael Morbius
PendidikanBiokimia dan Ahli Penyakit Darah
AliasMorbius The Living Vampire
Tempat KelahiranGreece
PenciptaRoy Thomas dan Gil Kane
Kemunculan PertamaAmazing Spider-Man #101 (Oktober 1971)

Itulah sedikit perkenalan dan asal usul Morbius dari Marvel Comics. Sedikit informasi, Morbius dijadwalkan rilis pada 31 Juli 2020 mendatang.