DCEUMovie

Asal Usul Lahirnya Topeng Ghostface Untuk Film Scream

Bagi kamu yang fans franchise slasher horror remaja 90an, Scream, pastinya sering merasa penasaran dengan asal usul lahirnya topeng ghostface.

Ya seperti kita ketahui topeng ghostface adalah topeng yang kerap dipadu padankan dengan kostum jubah hitam yang dikenakan oleh pembunuh yang berada di setiap film Scream sejauh ini.

Disebut ghostface karena seperti yang kita lihat sendiri secara kasat mata, tampilan topengnya seperti tampilan hantu yang kerap dipercayai oleh seluruh masyarakat barat sana.

Ya menurut mereka, tampilan spirit hantu adalah putih dan mulut yang berbentuk seperti huruf “O” tersebut adalah penggambaran mereka terhadap hantu yang sedang menakuti mereka. Ya mau sependapat atau tidak, ya begitu deh kepercayaan mereka.

Asal Usul Terungkap Juga

asal usul topeng ghostface
Paramount Pictures

Nah semenjak kita melihat debut topengnya ini melalui Scream (1996), tak memungkiri topeng sekaligus keseluruhan kostumnya menjadi salah satu topeng dan kostum ter-ikonik dalam sejarah film horor.

Bahkan hingga sekarang, topeng ghostface masih menjadi salah satu topeng yang dikenakan banyak orang setiap hari Halloween tiba. Nah melihat hal ini, tak ayal sekali lagi, kita menjadi tertarik untuk mengetahui asal usul lahirnya topeng ghostface ini.

Dan setelah menunggu sekian lama, akhirnya asal usul (origin) tersebut terungkap juga melalui bonus featurette dari DVD & Blu-Ray Scream spesial 25 tahun. Dan kita bisa melihat featurette-nya tersebut berikut ini.

Ya seperti yang kamu simak dan dengar sendiri, asal usul lahirnya topeng ghostface ini dijelaskan oleh kreatornya Kevin Williamson dan aktris pemeran Sidney Prescott-nya, Neve Campbell. Seperti yang kita dengar, awalnya topeng ini ditemukan di salah satu kardus garasi.

Kardus garasinya terletak di lokasi mereka mencari aktor dan aktris yang nantinya akan tampil dalam filmnya. Nah yang pertama kali tertarik terhadap topengnya ini adalah sutradara filmnya, Wes Craven (A Nightmare on Elm Street).

Terinspirasi Lukisan The Scream

774840de357084343d349104b287ca8c
Lukisan The Scream | Pinterest

Craven tertarik karena tampilan topengnya seperti tampilan wajah menjerit yang ada di dalam lukisan terkenal milik Edvard Munch tahun 1893 yang berjudul “The Scream”. Benar-benar tertarik, akhirnya Craven memutuskan untuk menggunakan topeng tersebut.

Awalnya, Craven ingin topeng-nya dimodifikasi lagi. Alhasil sebanyak 20 desain modifikasi topengnya pun lahir. Sayang ke-20 desain modifikasi tersebut ditolak mentah-mentah oleh pihak studio filmnya, Woods Entertainment.

Akhirnya, mereka pun berinisiatif untuk membeli saja hak topengnya ini. Lagipula menurut Williamson, topeng ini sesuai dengan naskah filmnya. Spesifiknya topeng ghostface ini disebut sebagai topeng Halloween yang terdapat di salah satu toko di filmnya.

Wah unik juga ya ternyata asal usul topeng ghostface film Scream ini. Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini? Dan apakah kamu adalah salah satu yang pernah mengenakan topeng dan kostum ghostface? komen di bawah ya.

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment