Negara-Negara Yang Sudah Menggunakan Internet 5G

in ,
Jaringan Intenet 5g
Jaringan Intenet 5g

Jaringan internet berbasis 5G atau Fifth Generation adalah sebutan untuk generasi kelima dari jaringan internet dan dapat melebihi standar internet 4G sebelumnya. Keunggulan dari Internet 5G adalah Kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G. Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik. Kemudian dapat juga dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.

5G dapat kita perkirakan memiliki kecepatan sekitar 800 Gbps, atau dapat kita katakan seratus kali lebih cepat dari kecepatan 4G saat ini. Tetapi untuk negara Indonesia baru dapat menggunakan jaringan ini pada tahun 2021. Saat ini kita masih dalam tahap uji coba jaringan 5 G ini.

Beberapa Negara yang Sudah Menggunakan Internet 5G

1. Afrika

Jaringan Internet 5G Afrika
Afrika | FundMy Travel

Tempat pertama dari negara yang sudah menerapkan jaringan internet 5G adalah Afrika. Jaringan ini telah ada pada negara-negara Afrika sejak Mei 2020. Negara Madagascar yang terutama ada Antananarivo dan Toamasina sudah bisa menikmati 5G melalui Telma Mobile SA

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat
Amerika Serikat | ww.nortjersey.com

Selanjutnya negara yang sudah menggunakan jaringan 5G adalah Amerika Serikat. Jaringan ini telah ada pada negara ini sejak Oktober 2018 kemarin. Jaringan ini terklaim memiliki kecepatan mencapai 300 Mbps. 3 Operator yang menyediakan 5G yaitu Verizon, T-mobile and AT&T.

3. Australia dan Selandia Baru

Australia Dan Selandia Baru
Australia Dan Selandia Baru | About Flag Collections Udimagen.org

Berikutnya negara yang sudah menggunakan jaringan 5G adalah Australia dan juga Selandia Baru. Jaringan ini sudah bisa Australia gunakan sejak tahun 2019 kemarin. Untuk wilayah yang dapat menjangkau jaringan ini ada Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth, Canberra, Hobart, Launceston, Gold Coast, Toowoomba, dan masih banyak lagi.

JANGAN LEWATKAN •
Menkominfo Mengatakan Telkomsel Akan Pamer 5G di Asian Games

Dengan kecepatan rata-rata data adalah 215,7 Mbps dengan Operator utama yang menggunakan jariang ini adalah Telstra dan Vodafone. Semantara untuk Selandia Baru kota-kota yang sudah memakai jaringan ini adalah Christchurch, Wellington, dan Queenstown.

4. Arab Saudi

Jaringan Internet 5G Arab Saudi
Arab Saudi | Wikipedia

Negara Arab Saudi adalah salah satu negara yang sudah menggunakan jaringan 5G sekarang. Sejak Juni 2019 Arab Saudi resmi menggunakan jaringan ini. Dengan menggunakan Operator Utama STC Group, negara ini memiliki kecepatan data mencapai 414,2 Mbps.

5. Belanda

Jaringan Internet 5G Belanda
Belanda | Linkedln

Negara Belanda adalah salah satu negara bagian Eropa yang mengikuti Lelang Spektrum untuk jaringan internet 5G. Untuk pengujian jaringan ini sendiri sudah belanda lakukan sejak tahun 2018. Kemudian untuk saat ini Belanda sudah menggunakan Operator Utama yaitu Vodafone (VodafoneZiggo), KPN dan T-Mobile.

6. China

China
China | BINUS English Club

Di tempat keenam negara yang sudah menggunakan jaringan 5G ada China. Jaringan ini sudah beroperasi pada negara China sejak 1 november 2019. Untuk wilayah yang bisa menggunakan jaringan tersebut yaitu Shanghai, Beijing, Guangzhou dan Hangzhou. Operator yang sudah menggunakan jaringan ini ada China Mobile, China Unicom, dan juga China Telecom.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mengetahui Pencuri Jaringan Wifi dan Menangkapnya

7. Filipina

Basic Rgb
Filipina |Chemical-ChemLinked

Selanjutnya negara yang sudah menggunakan jaringan 5G adalah Filipina. Negara ini menggunakan jaringan ini sejak Juni 2019 oleh Operator Globe Telecom yang ada pada negara Filipina. Faktanya Filipina adalah negara pertama pada Asia Tenggara yang sudah memakai jaringan 5G.

8. Hong Kong

Hong Kong
Hong Kong |4plebs

Pada tempat kedelapan ada Hong Kong. Negara ini telah mulai memakai jaringan ini sejak April 2020. Mereka menggunakan jaringan ini melalui Operator HKT, Hutchison 3 dan China Mobile Hong Kong. Kecepatan data yang ada pada jaringan ini rata-rata mencapai 142,8 Mbps.

9. Inggris

Inggris
Inggris | ePages

Negara Inggris adalah salah satu negara yang sudah menggunakan jaringan ini. Negara ini memakai 5G sejak Mei 2019 yang lalu. Namun saat itu operator yang tersedia hanya EE dan Vodafone. Sekarang Inggris memiliki kecepatan rata-rata jaringan datanya adalah 133,5 Mbps.

JANGAN LEWATKAN •
Google Mulai Melirik Internet 5G, Kali ini menggunakan drone sebagai Angkutannya

10. Irlandia

Jaringan Internet 5G Irlandia
Irlandia | APKPure.com

Di tempat kesepuluh negara yang memiliki jaringan internet 5G ada Irlandia. Jaringan ini sudah bisa mereka gunakan sejak Agustus 2019. Vodafone Irlandia lah yang pertama mengaktifkan jaringan 5G ini. Kota yang sudah menggunakan jaringan ini ada Cork, Dublin, Galway, Limerick dan Waterford.

11. Italia

Italia
Italia | Amazon.it

Pada tempat kesebelas ada negara Italia. Kota sudah bisa menggunakan jaringan ini pada negara italia adalah Bologna, Milan, Napoli, Roma, dan Turin. Dengan menggunakan Operator Iliad, TIM, Vodafone dan juga Wind Tre.

12. Jepang

Jepang
Jepang | Steam Community

Negara Jepang adalah salah satu negara dalam daftar ini yang sudah menggunakan 5G. Negara ini awalnya melalui Operator SoftBank Jepang yang meluncurkan layanan 5G sejak Maret 2019. Kemudian NTT, DOCOMO dan KDDI segera menyusul.

13. Jerman

Jerman
Jerman | Amazon.de

Selanjutnya negara yang menggunakan jaringan 5G ada Jerman. Negara ini sudah menggunakan jaringan ini sejak Juni 2019. Operator yang menyediakan jaringan ini pada negara Jerman ada Deutsche Telekom dan Vodafone. Kota-kota besar seperti Berlin, Hamburg, Munich, Cologne, dan Frankfurt sudah memiliki layanan 5G. Negara ini memiliki kecepatan penggunaan datanya ialah 102,0 Mbps.

JANGAN LEWATKAN •
Apa Pengaruh 5G Terhadap 4G di Masa Depan?

14. Kanada

Kanada
Kanada | Canada | Linkedln

Pada tempat keempat belas ada negara Kanada. Negara ini termasuk dalam negara yang sudah menggunakan jaringan 5G sejak Januari 2020. Jaringan ini dapat mereka askes pada kota Vancouver, Edmonton, Toronto, Ottawa, dan Montreal. Dengan Operator yang dapat dipakai yaitu Rogers, Bell dan Telus. Dan memiliki kecepatan datanya 178,1 Mbps.

15. Korea Selatan

Jaringan Internet 5G Korea Selatan
Korea Selatan | EY

Selanjutnya Korea Selatan termasuk negara yang sudah menggunakan jaringan internet 5G. Bahkan lebih dari 6 juta penduduk Korea selatan menggunakan jaringan ini. Negara ini menggunakan jaringan ini sejak April 2020. Saat itu Operator yang mempunyai jaringan ini ada SK telecom Co., KT Corp., dan LG Uplus Corp dengan kecepatan rata-rata datanya 312,7 Mbps

16. Kuwait

Kuwait
Kuwait | www.gesia.gov.qa

Negara selanjutnya yang menggunakan jaringan 5G ada Kuwait. Negara satu ini memiliki jadwal pemasaran jaringan ini dengan Arab Saudi yaitu sejak Juni 2019. Kecepatan jaringan 5G pada negara ini rata-rata mencapai 171,5 Mbps.

JANGAN LEWATKAN •
Bikin Merinding, 180 Ilmuwan Buktikan Teknologi 5G Menyebabkan Penyakit Mematikan

Itulah beberapa negara yang sudah menggunakan jaringan Internet 5G. kalau Indonesia sendiri sepertinya masih pada tahap uji coba untuk sekarang ini. Kalian pasti sudah tidak sabar lagi menunggu dapat menggunakan jaringan ini bukan? Kemudian jangan lupa berikan komen pada kolom komentarnya ya.