3 K-Drama Selain Joseon Exorcist Yang Juga Berhenti Tayang Karena Kontroversi

in
K-Drama kontroversi
Joseon Exorcist | Republika

Inilah 3 K-Drama selain Joseon Exorcist, yang juga berhenti tayang karena adanya kontroversi yang tidak bisa diterima.

Beberapa bulan lalu, kita mendengar kalau K-Drama, Joseon Exorcist harus berhenti tayang karena adanya kontroversi. Kontroversi tersebut spesifiknya adalah unsur sejarah yang ditampilkan, dianggap gak sesuai dengan sejarah real-life Korea selama ini.

Dan faktanya, Joseon Exorcist bukanlah K-Drama pertama yang mengalami hal ini. Berikut, adalah 3 K-Drama selain Joseon Exorcist yang juga berhenti tayang karena sebuah kontroversi.

1. A Man Called God

K-drama berhenti tayang
A Man Called God | Tentang drama Korea

Bahkan BS Nippon Corporation selaku penayang serinya di Jepang, memutuskan untuk menghentikan penayangan A Man Called God ini. Loh ada kontroversi apa sih nih sebenarnya?

Jadi, keputusan tersebut mereka ambil lantaran adanya sengketa wilayah Kepulauan Dokdo yang antara Jepang dan Korea Selatan yang memang sudah terjadi dari dulu. Sengketa ini berawal ketika satu tim Korea Selatan berhasil berenang di Kepulauan tersebut pada 15 Agustus 2012.

JANGAN LEWATKAN •
Agensi Tepis Rumor Kim Woo Bin Bakal Comeback, ia Akan Fokus Pemulihan Pasca Kanker!

Tim tersebut melakukan renang estafet 220 km dari pantai timur Korsel. Kegiatan renang ini mereka lakukan untuk merayakan Hari Pembebasan. Bagi yang gak tau, Hari Pembebasan mengacu pada berakhirnya pendudukan Jepang atas Semenanjung Korea pada tahun 1945.

Dengan kata lain seperti Joseon Exorcist, A Man Called God berhenti tayang karena alasan politis sejarah.

2. School 2020

K-drama berhenti tayang
School | FacetoFeet

Sebenarnya, K-Drama ini rencana akan tayang Agustus 2020 lalu. Namun pada akhirnya kacau balau setelah muncul kabar kalau pemeran utama yang harusnya diperankan oleh Ahn Seo Hyun bakalan diganti oleh Kim Sae Ron.

Ahn yang mengetahui kabar gak enak tersebut, langsung mengeluhkan keluh kesahnya di media sosial. Keluh kesahnya bahkan sampai membawa-bawa ayahnya. Sang ayah tentunya gak terima dengan keputusan ini. Terlebih menurutnya, Ahn telah menerima kontraknya sejak Mei 2019.

JANGAN LEWATKAN •
Agensi Bantah Tentang Rumor Kencan Kang Dong Won dan Han Hyo Joo!

Dan ketika ayah Ahn ingin mendiskusikan seluruh kejelasannya, tim produksi kerap mengulur-ulur dan memberikan 1001 alasan. Alhasil gara-gara semua drama ini, pihak KBS pun resmi membatalkan School 2020.

3. Dear M

07eea37693f4460dbffda12d3dc24b16
Dear M | Soompi

Dear M awalnya direncanakan tayang pada tanggal 26 Februari 2021. Namun tiba-tiba muncul kabar kalau pemeran utamanya Park Hye Soo, terlibat kasus bullying. Gak mau aneh-aneh, akhirnya pihak penayang KBS, resmi membatalkan proyek serinya ini.

Itulah tadi 3 K-Drama selain Joseon Exorcist yang juga berhenti tayang karena adanya kontroversi. Sekarang bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini?