NewsViral

Gempa Terkini: Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 SR Guncang Sukabumi Pagi Ini

Kabar gempa terkini. Pada pagi tadi, 31 Oktober 2022, gempa bumi berkekuatan 4,7 SR guncang daerah Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Mungkin kita setiap harinya, super duper jarang mencari tahu info dari gempa terkini. Atau dengan kata lain lagi, apakah hari ini terjadi gempa bumi atau tidak. Dan hal ini wajar banget sih. Karena faktanya, yang namanya gempa bumi belum tentu terjadi setiap harinya.

Apalagi gempa bumi yang terjadi di daerah DKI Jakarta atau Jawa Barat. Walau memang kedua area besar ini memang rentan gempa dan sangat berbahaya kalau kekuatannya besar banget. Tapi sekali lagi, gempa bumi di kedua area ini memang jarang terjadi setiap saat.

Sehingga sekali lagi dengan fakta tersebut. Wajar banget kalau kita jarang untuk mencari atau memasukkan kata kunci (keyword) ‘Gempa Terkini’ di kolom situs Google kita.

4,7 SR

gempa terkini gempa sukabumi
Gempa Sukabumi, 31 Oktober 2022 | Tribun Jabar

Namun ketika kata kunci ‘Gempa Terkini’ ini menjadi tren. Maka bisa kita pastikan kalau gempa yang terjadi sangat signifikan dan biasanya terjadi di antara 2 area/provinsi Indonesia tersebut. Dan hal inilah yang terjadi pada tanggal 31 Oktober, 2022 pagi tadi.

Ya seperti yang terlansir dari PikiranRakyat. Pencarian kata kunci ‘Gempa Terkini’ mendadak tren pasca terjadinya gempa bumi yang terjadi pada pukul 10.05 WIB pagi ini.

Gempa terjadi di sekitaran wilayah Selatan Jawa Barat. Spesifiknya daerah Tasikmalaya, Ciamis, dan Sukabumi. Kekuatan gempanya sendiri adalah sebesar 4.7 SR. Nah besaran kekuatan ini sangat dirasakan oleh ketiga wilayah yang telah gue sebutkan tersebut.

Ada Yang Merasakan, Ada Yang Tidak

gempa terkini gempa sukabumi
Gempa | Republika

Akan tetapi, bagi kita-kita yang berdomisili di: Bandung, Garut, Cianjur, dan area JABODETABEK. Mungkin hanya merasakan sedikit saja atau bahkan, gak terasa sama sekali. Gue sendiri yang tinggal di area Bekasi Selatan, tidak merasakannya sama sekali.

Walau demikian, gue tetap waspada kalau-kalau saja nantinya ada gempa susulan yang mungkin juga memiliki besaran kekuatan yang jauh lebih besar.

Nah melihat fakta bahwa baru saja terjadi gempa bumi yang gak kita duga ini. Mungkin kini sudah saatnya bagi kita untuk mulai sedikit rajim memeriksa gempa terkini yang terjadi setiap harinya. Ya intinya, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Nah sekarang gue ingin tahu nih. Apakah kamu adalah salah satu yang merasakan gempanya atau justru yang tidak merasakannya sama sekali?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment