KomikMarvel

Selain Steve Rogers, Inilah 7 Karakter Marvel yang Pernah Jadi Captain America

Steve Rogers atau Captain America merupakan salah satu karakter Marvel yang sangat terkenal. Ia merupakan manusia dengan kekuatan super yang baik hati dan juga menggunakan perisai sebagai senjata utamanya. Berbicara soal Steve Rogers atau Captain America, kali ini kita akan membahas karakter Marvel yang pernah jadi Captain America.

Karakter yang akan kita bahas ini, mereka bisa menjadi Captain America atau mengisi posisi Captain America di serial Marvel karena memiliki alasan yang kuat.

BACA JUGA:

Berikut Karakter Marvel yang Pernah Jadi Captain America

Siapa saja sih karakter di komik Marvel yang pernah jadi Captain America? Berikut pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Sam Wilson

Sam Wilson
Sam Wilson | hindustantimes.com

Karakter Marvel pertama yang pernah jadi Captain America adalah Sam Wilson. Buat kamu yang belum tau, Sam Wilson biasa dikenal sebagai The Falcon. Ia merupakan sahabat Steve Rogers dan menjadi penerus Captain America di fase keempat MCU.

Menurut ceritanya Steve Roger kehilangan serum Super Soldier di tubuhnya yang membuatnya bisa menua sehingga tidak bisa beraksi lagi sebagai superhero. Tentunya Steve Roger mewariskan perisai miliknya kepada Sam Wilson, sehingga membuat Sam menjadi Captain America selanjutnya.

2. Bucky Barnes

Bucky Barnes
Bucky Barnes | kincir.com

Karakter Marvel yang pernah jadi Captain America selanjutnya adalah Bucky Barnes. Jadi selain Sam Wilson, Bucky Barnes atau yang lebih dikenal sebagai The Winter Soldier merupakan sahabat Steve Roger sejak kecil.

Kejadian ini terjadi di alam semesta yang berbeda, menurut ceritanya Steve Roger gugur sebagai Captain America, menurut wasiat dari Steve Roger, ia ingin Bucky jadi penerusnya. Bucky pun setuju dengan catatan ada superhero dengan kemampuan telepati yang melindungi otaknya agar tidak dipengaruhi oleh Hydra

3. John Walker

John Walker
John Walker | lazone.id

Karakter Marvel yang pernah jadi Captain America berikutnya adalah John Walker. Buat kamu yang belum tau John Walker awalnya debut sebagai seorang villain yang bernama Super-Patriot. Akan tetapi ia pernah menggagalkan aksi terorisme, sehingga pemerintah menjadikannya sebagai aset berharga.

Sejak saat itu ia menjadi antihero yang bernama U.S. Agent, bisa dibilang U.S. Agent merupakan Captain America versi pemerintah. Momen John menggunakan identitas Captain America saat Steve Rogers berselisih dengan pemerintah AS, yang dimana pemerintah mencabut status Steve sebagai Captain America dan memberikannya kepada John Walker.

4. Scott Summers

Scott Summers
Scott Summers | Marvel Comics

Kemudian ada Scott Summers. Buat kamu yang belum tau Scott Summers atau yang lebih dikenal sebagai Cyclops merupakan seorang mutants yang menjadi bagian dari X-Men. Akan tetapi dalam salah satu komiknya, karakter yang punya alter ego ini pernah pakai identitas Captain America.

Momen ini terjadi di Earth-81122, ketika sebuah kecelakaan misterius membuat Scott Summers dan Steve Rogers kehilangan kekuatan. Kalau Scott kehilangan kemampuan lasernya, maka Steve mati karena kehilangan serum Super Soldier dalam tubuhnya.

Demi menghormati Steve Roger yang sudah mati, Scott Summers memutuskan untuk menggunakan identitas Captain America dan kostum yang digunakan Scott cukup berbeda, soalnya ia menambahkan logo X-Men.

5. Jeffrey Mace

Jeffrey Mace | karakter Marvel yang jadi Captain America
Jeffrey Mace | marvelcomicsfanon.fandom.com

Karakter Marvel yang pernah jadi Captain America selanjutnya yaitu Jeffrey Mace. Buat kamu yang belum tau Jeffrey Mace merupakan direktur S.H.I.E.L.D. yang baru, ia muncul dalam serial Agents of S.H.I.E.L.D.

Dalam serial komiknya Jeffery ini terkenal sebagai sosok Patriot dan ia pernah mengambil perisai Captain America dan menggantikan Sreve Rogers pada Captain America Comics #59.

6. Frank Castle

Frank Castle | karakter Marvel yang jadi Captain America
Frank Castle | Marvel Comics

Karakter Marvel yang pernah jadi Captain America berikutnya yaitu Frank Castle. Karakter yang satu ini merupakan seorang antihero yang dikenal sebagai The Punisher. Dalam versi komiknya, The Punisher pernah menjadi Captain America.

Ia mengambil perisai Captain America dan menjadi super-soldier antihero dengan perisai tersebut. Alasan kenapa ia melakukan itu karena Frank Castle kagum kepada Steve Rogers. Cerita ini terjadi dalam komik What If? Age of Ultron #4.

7. Peggy Carter

Peggy Carter | karakter Marvel yang jadi Captain America
Peggy Carter | Marvel Studios

Karakter Marvel yang pernah jadi Captain America terakhir adalah Peggy Carter. Mungkin kamu lebih mengenal sosok Peggy Carter sebagai kekasih Steve Roger, hal tersebut tidak salah dan memang faktanya begitu.

Namun ternyata Peggy Carter pernah jadi Captain America. Hal ini berawal dari perayaan ulang tahun Captain America yang ke-75 dan menampilkan sang superhero Marvel dari berbagai universe. Ternyata salah Captain America dari universe lain yaitu Peggy Carter.

Meskipun pada awalnya cuman untuk merayakan ulang tahun, tapi desain Peggy Carter sebagai seorang Captain America sangat populer, sehingga akhirnya Peggy Carter yang menggunakan identitas Captain America muncul di komik Exiles #3. Menurut ceritanya Peggy menggunakan serum Super Soldier karena Steve dilumpuhkan oleh Red Skull.


Demikianlah beberapa karakter Marvel yang pernah jadi Captain America. Setelah membaca artikel ini dan melihat daftarnya, kira-kira menurut kamu siapa yang cocok menjadi Captain America selain Steve Rogers? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Dafunda.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment