KomikMarvelMCUMovie

Sejarah dan Fakta Tersembunyi S.H.I.E.L.D. Organisasi Rahasia di Marvel

Buat kalian yang belum tau S.H.I.E.L.D. merupakan salah satu organisasi fiktif yang ada di Marvel. Organisasi yang satu ini sering muncul dalam serial Marvel, lalu mereka juga sering terlibat dengan parah Superhero. Berbicara soal S.H.I.E.L.D. kali ini kita akan membahas sejarah dan fakta tersembunyi SHIELD, organisasi rahasia di Marvel.

Sebagai organisasi rahasia tentunya S.H.I.E.L.D. bergerak secara sembunyi-sembunyi. Selain itu setiap Agennya sangat berbakat dan juga hebat, lalu organisasi yang satu ini mempunyai jaringan yang luas dan tersebar di berbagai negara.

BACA JUGA:

Berikut Sejarah dan Fakta Tersembunyi SHIELD di Marvel

Penasaran bukan kapan SHIELD berdiri dan apa saja fakta yang mereka miliki? Kalau begitu mari kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Sejarah Berdirinya SHIELD

Sejarah Berdirinya Shield | sejarah dan fakta SHIELD
Sejarah Berdirinya Shield | Marvel Studios

Pertama kita akan membahas dulu soal sejarah berdirinya organisasi S.H.I.E.L.D. menurut informasi yang kami dapatkan S.H.I.E.L.D. merupakan singkatan dari Strategic Homeland Intervention, Enforcement and Logistics Division.

Organisasi yang satu ini merupakan agen intelijen, anti terorisme, dan militer yang berada di Amerika Serikat. Namun berada diluar tanggung jawab pemerintah, organisasi ini terbentuk pertama kali setelah Perang Dunia Kedua berakhir, tepatnya ketika Captain Amerika menghilang.

Awalnya organisasi ini bernama SSR, sebuah lembaga penelitian yang bertujuan untuk melawan NAZI yang saat itu sudah didukung oleh HYDRA selama perang berlangsung. Namun karena perang sudah berakhir SSR berubah menjadi badan intelijen.

2. SHIELD Tidak Berafiliasi Dengan Satu Negara

Shield Tidak Berafiliasi Dengan Satu Negara
Shield Tidak Berafiliasi Dengan Satu Negara | Marvel Studios

Selanjutnya yaitu S.H.I.E.L.D. tidak berafiliasi dengan satu negara. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, S.H.I.E.L.D. memang berada di Amerika Serikat. Tapi mereka tidak berafiliasi dengan satu negara.

Selain itu mereka juga sering digambarkan sebagai badan otonom Perserikatan Bangsa-Bangsa yang sangat rahasia dengan dana yang tidak terbatas. Tapi di semesta Marvel, S.H.I.E.L.D. sering digambarkan sebagai organisasi mata-mata ketika Amerika Serikat melakukan operasi khusus.

3. Salah Satu Tugas SHIELD Jadi Penghubung Semesta Marvel

Agent Of Shield
Agent Of Shield | Marvel Studios

Berikutnya yaitu salah satu tugas S.H.I.E.L.D. jadi penghubung semesta Marvel. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, organisasi yang satu ini sering muncul di serial Marvel, mereka digambarkan sering terlihat dengan para Superhero di semesta Marvel.

Tentunya informasi yang satu ini bukan sesuatu yang aneh, karena setiap ending film Marvel, pasti kita akan melihat salah satu agent S.H.I.E.L.D. yang mendatangi para Superhero contohnya seperti Nick Furry yang selalu muncul cameo pasca-kredit film.

Selain menjadi cameo pasca-kredit anggota S.H.I.E.L.D. juga sering membantu para Superhero yang sedang kesulitan.

4. SHIELD Pernah Mengalami Masa Kelam

Shield Pernah Mengalami Masa Kelam | sejarah dan fakta SHIELD
Shield Pernah Mengalami Masa Kelam | Marvel Comics

Terakhir yaitu organiasasi S.H.I.E.L.D. pernah mengalami masa kelam. Kalau kita lihat point sebelumnya S.H.I.E.L.D. ini merupakan organisasi baik yang sangat kuat alias sulit untuk disusui oleh mata-mata.

Namun siapa yang menyangka, ternyata S.H.I.E.L.D. pernah disusupi oleh mata-mata musuh. Selain itu berbagai pihak korup juga sempat bergabung dengan S.H.I.E.L.D. untuk mengubah organisasi ini dari dalam. Namun untungnya S.H.I.E.L.D. ini bisa bangkit kembali lagi berkat Nick Fury.


Demikianlah pembahasan soal sejarah dan fakta tersembunyi SHIELD di semesta Marvel. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih apakah organisasi yang satu ini mempunyai peran yang sangat penting? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Dafunda.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment