DCKomikKomik List

Bukan Superman, Inilah 5 Superhero Pertama di DC Universe

Halo penggemar DC, kali ini kita akan membahas superhero pertama di DC Universe. Siapa saja mereka? Cek disini yah.

DC merupakan salah satu franchise Superhero yang sangat terkenal. Seperti yang kita ketahui Superman dan Batman termasuk kedalam superhero paling tua dari DC karena mereka berdua melakukan debut pada tahun 1938 dan 1939. Tapi taukah kalian ternyata ada superhero dari DC yang jauh lebih tua dari mereka. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas superhero pertama di DC Universe.

Jadi jauh sebelum Superman dan Batman populer di Amerika, Para Staff sudah berjuang memperkenalkan komik mereka, sebelum pendirinya Malcolm Wheeler-Nicholson meresmikan perusahaan DC pada tahun 1939.

BACA JUGA:

Berikut Superhero Pertama di DC Universe

Jadi siapa aja superhero pertama di DC Universe? Kalau kalian penasaran, kalian bisa melihat pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Jack Woods

Jack Woods | Superhero pertama di DC
Jack Woods | DC Comics

Superhero pertama di DC Universe yang pertama adalah Jack Woods. Buat kalian yang belum tau, karakter yang satu ini memakai baju berwarna biru dengan syal berwarna mereh. Ia debut pertama kali pada tahun 1935, melalui komik New Fun Comics #1.

Menurut ceritanya Jack Woods merupakan Texas Ranger, atau Polisi koboi yang sering berhadapan dengan para penjahat dari Meksiko, pada awal cerita kita bisa melihat dirinya mengalahkan dua penjahat sekaligus.

2. Dr. Occult

Doctor Occult
Doctor Occult | DC Comics

Superhero pertama di DC Universe selanjutnya adalah Doctor Occult. Jadi karakter yang satu ini sudah ada jauh sebelum Batman muncul, bahkan ia sudah terkenal sebagai detektif manusia yang khusus menangani masalah gaib.

Doctor Occult merupakan debut pertama kali pada komik New Fun #6 yang rilis pada tahun 1935. Ia merupakan superhero DC pertama yang memakai jubah merah, celana dalam di luar. Dengan jimat yang ia miliki, Doctor Occult berhasil memecahkan berbagai kasus yang tidak bisa ditangani oleh manusia biasa.

3. Speed Saunders

Speed Saunders
Speed Saunders | DC Comics

Superhero pertama di DC Universe berikutnya adalah Speed Saunders. Jadi pada komik Detective Comics #1 yang rilis pada tahun 1937, diceritakan kalau Speed Saunders atau Cyril Saunders, merupakan seorang Detektif yang memecahkan kasus berbahaya.

Buat kalian yang belum tau nama DC sendiri merupakan kepanjangan dari Detective Comics yang dimulai dengan kisah Saunders, alasan kenapa ia memiliki nama Speed, karena Saunders selalu menyelesaikan kasusnya dengan sangat cepat.

4. Slam Bradley

Slam Bradley | Superhero pertama di DC
Slam Bradley | cbr.com

Kemudian ada Slam Bradley. Jadi pada komik Detective Comics #1 bukan cuman Speed Saunders saja, tapi ada Detektif lain yang bernama Slam Bradley. Meskipun cerita Slam Bradley dimulai setelah Speed Saunders.

Tapi petualangannya terbilang lebih panjang, terus ia juga pernah bekerjasama dengan Batman. Lalu pada tahun 1981, Slam Bradley kembali muncul pada edisi ke-500 Detective Comics, yang dimana ia bekerjasama dengan Batman dan Catwoman.

5. Jor-L

Jor-L
Jor-L | dc.fandom.com

Superhero pertama di DC Universe terakhir adalah Jor-L. Bagi kalian penggemar DC, pasti terasa familiar dengan nama Jor-L, memang karakter yang satu ini memiliki nama yang sama dengan dengan ayah Kal-El alias Superman.

Namun selebihnya ia tidak memiliki hubungan dengan Superman. Jadi menurut ceritanya Jor-L merupakan polisi masa depan yang eksis pada tahun 3000-an, dengan baju berwarna biru serta helm yang bentuknya mirip seperti milik Batman.

Jor-L pertama kali debut pada komik New Adventure Comics #12 pada tahun 1937. Terus terungkap juga kalau Jor-L merupakan salah satu superhero pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.


Demikianlah pembahasan soal superhero pertama di DC Universe. Setelah membaca artikel ini dan mengetahui daftarnya, kira-kira menurut kalian siapa yang paling kuat? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Dafunda.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.