Film InternationalMovieMovie List

11 Rumah Produksi Film Horor Terbaik yang Menghasilkan Banyak Film Bagus

Daftar rumah produksi film horor terbaik yang menghasilkan banyak film bagus. Ada rumah produksi apa saja? Langsung cek disini.

Belakangan ini banyak sekali film horor yang bermunculan dengan berbagai macam ceritanya. Namun tahukah kamu bahwa dibalik film horor yang terlihat menyeramkan itu ada rumah produksi yang dengan apik memproduksi film-film tersebut. Dalam artikel ini Dafunda akan menyajikan informasi mengenai daftar rumah produksi film horor yang diakui sebagai yang terbaik dalam industri.

Film horor adalah genre yang dirancang untuk menimbulkan perasaan takut, ketegangan, dan kegembiraan bagi penontonnya. Genre ini seringkali memanfaatkan alur cerita yang mengandalkan ketidakpastian, kejutan. Serta elemen-elemen supernatural atau fiksi ilmiah yang menantang logika dan realitas.

Berikut Rumah Produksi Film Horor Terbaik

Berikut adalah daftar studio film yang dikenal secara global karena kontribusinya dalam menghasilkan film-film horor legendaris.

1. Studio Universal

Studio Universal | rumah produksi film horor terbaik
Studio Universal

Pertama adalah Studio Universal, dikenal sebagai rumah produksi utama untuk film-film horor, memegang identitas yang kuat dalam genre ini sejak awal popularitasnya. Dibandingkan dengan perusahaan produksi film besar lainnya, Studio Universal telah menghasilkan jumlah film horor yang signifikan.

Studio Universal pun telah berdiri sejak tahun 1912 dan hingga hari ini masih tetap beroperasi. Beberapa film horor yang telah Studio Universal keluarkan diantara lain Murders in The Morgue (1932), The Werewolf of London (1935), THEM! (1954), Ghost Story (1981), Devil (2010), The Forest (2016), Knock at The Cabin (2023) dan masih banyak lagi.

2. New Line Cinema

New-line-cinema
New-line-cinema

Rumah produksi satu ini telah ada sejak tahun 1967 dan meski di tahun 2008 lalu berada di bawah Warner Bros. Namun hal itu tidak membuat rumah produksi ini mengalami penurunan kualitas atas film-film nya.

Beberapa film horor yang sangat populer yang diproduksi oleh New Line Cinema diantaranya adalah The Nun (2018), Annablle (2017-2019). Final Destination (2000-sekarang), The Conjuring (2013-sekarang) dan masih banyak lagi.

3. A24 Films

A24-films
A24-films | A24 Films

Telah hadir sejak tahun 2012 hingga sekarang, A24 Films membuktikan bahwa meski dengan anggaran terbatas. Namun dengan sutradara yang baik maka akan tetap menghasilkan sebuah film horor yang bisa menjadi sebuah seni yang sangat bagus.

Beberapa film horor yang mereka produksi antara lain It Comes at Night (2017), Climax (2018), The Lighthouse (2019). Talk To Me (2023), Lamb (2021) dan masih banyak lagi.

4. Blumhouse Productions

Blumhouse-productions | rumah produksi film horor terbaik
Blumhouse-productions

Dikatakan bahwa Blumhouse Productions adalah salah satu rumah produksi film horor modern yang paling efisien. Rumah produksi ini terkadang juga bekerja sama dengan rumah produksi lain seperti dengan Studio Universal dan Lionsgate.

Blumhouse Productions sendiri telah beroperasi sejak tahun 2007 hingga sekarang, Rumah produksi satu ini juga telah memiliki banyak sekali film horor. Beberapa film adalah Sinister (2012-1015), Happy Death Day (2017-2019). Bloodline (2018), Truth or Dare (2018), The Hunt (2020), dan masih banyak lagi.

5. American International Pictures

American-international-pictures
American-international-pictures | American International Pictures

Meskipun telah tutup sejak tahun 1980 lalu, namun rumah produksi satu ini telah memberikan hiburan yang sangat luar biasa dan telah menjadi ruang yang sangat hebat bagi beberapa sutradara terbaik di seluruh dunia perfilman.

Beberapa fim yang mereka produksi antara lain Black Sabbath (1963), Die Monster Die! (1965), Madhouse (1974), Holocaust 2000 (1978), Dressed to Kill (1980) dan masih banyak lagi.

6. IFC Midnight

Ifc-midnight
Ifc-midnight

Rumah produksi film ini telah menetapkan standar emas untuk kalangan distributor bagi film horor indie. Meski terbilang masih muda, IFC Midnight yang berdiri di tahun 2010 ini telah membangun reputasi sebagai perusahaan yang memiliki film horor dengan cerita horor terbaik.

Film-film yang telah mereka produksi antara lain adalah Blood Glacier (2013), Cabin Fever (2016), Devil’s Candy (2017). Whats Keeps You Allive (2018), dan masih banyak lagi

7. Shudder

Shudder
Shudder | Shudder

Kemudian ada Shudder, rumah produksi ini adalah kerabat dari perusahaan IFC dan hal ini membuat keduanya berbagi hak distribusi atas film-film yang mereka tayangkan. Rumah produksi Shudder sendiri memiliki cukup banyak film ekslusif asli yang mereka distribusikan.

Fim-film yang mereka adalah Mayhem (2018), You Might be The Killer (2022), A Banquet (2022), Unwelcome (2023). The Angry Black Girl and Her Monster (2023) dan masih banyak lagi.

8. XYZ Films

Xyz-films
Xyz-films | XYZ Films

XYZ Films sendiri telah membuktikan kepada dunia internasional bahwa mereka membangun reputasi dengan sangat baik dengan menemukan produser dan sutradara yang berani dalam pembuatan film-film horor yang sangat menggugah pikiran.

Beberapa film tersebut adalah Nocebo (2022), Something In The Dirt (2022), Godless: The Eastfield Exorcism (2023) dan masih banyak lagi.

9. 20th Century Fox

20th-century-fox | rumah produksi film horor terbaik
20th-century-fox

Saat ini, 20th Century Fox beroperasi di bawah naungan Disney. Namun, sebelumnya, studio ini membangun reputasi yang kuat berkat katalog filmnya yang mengesankan. Berdiri sejak tahun 1935, 20th Century Fox telah memproduksi sejumlah film ikonik yang mencakup berbagai genre.

Beberapa judul terkenal dari studio ini antara lain “The Omen” (1976), “Alien” (1979), “The Fly” (1966), dan “The Innocents” (1961). Film-film tersebut, di antara karya-karya lain yang dihasilkan oleh studio, telah mendapatkan pengakuan luas dan direkomendasikan untuk penonton yang mencari karya-karya berkualitas dalam sejarah sinema.

10. Warner Bros

Warner-bros | rumah produksi film horor terbaik
Warner-bros

Warner Bros merupakan perusahaan produksi yang telah memproduksi berbagai jenis film, termasuk di antaranya adalah film-film horor. Dua karya horor yang paling terkenal dari Warner Bros adalah The Exorcist dan The Shining, yang keduanya diproduksi di bawah pengawasan ketat perusahaan tersebut.

11. Lionsgate

Lionsgate
Lionsgate

Rumah Produksi Lionsgate terlah berdiri pada tahun 2000an dan sudah memproduksi banyak sekali film horor. Beberapa film yang telah mereka produksi antara lain adalah Saw (2004-2023), Hostel (2006). The Descent (2006), See No Evil (2006) dan masih banyak lagi.


Demikianlah daftar rumah produksi film horor terbaik yang telah memproduksi sejumlah film berkualitas tinggi. Setelah melihat daftarnya, rumah produksi mana yang telah menghasilkan film-film yang kamu nikmati?

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks