TeknoTipsTutorial Tekno

Bagaimana Cara Membuat Password Wi-Fi dan Media Sosial Yang Kuat?

Bagaiamana cara membuat password Wi-Fi dan media sosial yang kuat dan minim resiko hack? Nih langsung simak pembahasannya guys!

Bagaimana cara membuat password Wi-Fi dan media sosial yang kuat dan minim resiko hack? Nih langsung simak pembahasannya guys!

Seperti kita ketahui teknologi saat ini sudah super duper canggih. Jadi gak heran jika teknologi untuk melakukan peretasan (hacking) pun juga kian demikian. Saking canggihnya, gak heran jika hingga detik ini, masih banyak kita temui kasus peretasan dimana-mana.

Peretasan Via Password

cara membuat password yang kuat
Peretasan | Soteria

Nah biasanya para peretas (hacker) akan melakukan aksisnya dengan metode peretasan via password. Biasanya yang banyak terkena retasan melalui metode ini adalah password Wi-Fi dan tentunya media sosial.

Apabila ini terjadi, tak memungkiri rasanya seperti tempat rahasia kita menyimpan uang atau dompet, berhasil ditemukan. Dan ya, perasaan ini tentunya gak enak banget.

Namun sebenarnya hal ini bisa kita atasi. Caranya adalah dengan membuat kombinasi password Wi-Fi dan/atau media sosial yang kuat (VERY STRONG). Lalu bagaimana cara untuk membuatnya? Langsung simak nih pembahasannya.

Password Yang Lemah

cara membuat password yang kuat
Jangan gunakan password seperti ini ya! | USEK Wiki

Namun sebelum akhirnya kita membahas perihal ini lebih jauh. Ada baiknya kita membahas terlebih dahulu terkait mengapa dan bagaimana hacker bisa membobol password kita.

Nah jawabannya karena masih banyak orang di dunia ini (percaya atau tidak) yang password Wi-Fi atau media sosialnya termasuk kategori lemah (WEAK). Apa itu password lemah?

Jadi seperti yang juga terlansir dari ScreenRant. Masih banyak ditemukan password pengguna yang  memiliki ciri sebagai berikut: Memasukkan salah satu informasi dari biodatanya atau menggunakan nomor berurutan seperti: 123456 atau 123 atau 123456789.

Selain itu percaya atau tidak, masih banyak juga yang memilih untuk memasukkan password-nya kurang dari standar minum saat ini yaitu 8 karakter huruf atau angka atau kombinasinya.

Nah password seperti demikian, adalah yang sekali lagi dikategorikan sebagai password “LEMAH.” Dan ya, terang saja bukan jika pada akhirnya berhasil dibobol oleh hacker?

Cara Membuat Password Yang Kuat

How To Create A Strong Password
Focus Data Solutions

Nah berdasarkan penjelasan tersebut. Lalu bagaimana sekarang cara untuk membuat password Wi-Fi dan media sosial yang “kuat” tersebut?

Well, langsung saja nih ikuti tips-tipsnya.

  • 1. Minimal 8 karakter. Lebih, malah lebih bagus
  • 2. Jangan gunakan  nama, alamat, nama orang tua, atau data pribadi apapun yang telah di-sharing di akun media sosialnya
  • 3. Pakai kombinasi. Misalkan huruf kecil dengan angka, atau huruf besar semua dengan angka, atau lebih bagusnya lagi kombinasikan dengan karakter spesial di keyboard.
  • 4. Maksudnya karakter spesial antara lain: @ ; $ % & ! * dan sebagainya (pokoknya yang di bagian kibor nomor yang harus sembari menekan shift untuk mengaktifkannya)
  • 5. Khusus password Wi-Fi yang umumnya hanya menggunakan 6 digit angka saja. Gunakan 6 angka yang unik. Mau itu ciptaan/khayalanmu atau dari kombinasi random yang berkaitan dengan salah satu aspek di hobi kamu
  • 6. Dan pastikan kombinasi angka ini memang sedikit banget atau bahkan hanya kamu saja yang PAHAM.
  • 7. Jangan pernah menggunakan password yang sama. Baik itu di media sosial atau WiFi yang sama pula atau di lebih dari satu medianya. Pokoknya bedakan password untuk masing-masing medianya.
  • 8. Rajin-rajin ganti password. Umumnya password yang sudah bertahun-tahun kita gunakan, masih bisa loh kena hack.
  • 9. Jangan bagikan password kecuali ke orang TERPERCAYA dan untuk kasus-kasus yang super EMERGENCY.

Oke deh guys. Itulah tadi tips bagaimana cara membuat password Wi-Fi dan media sosial yang kuat. Semoga pembahasannya bermanfaat.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks