DCKomik

Asal Usul Harley Quinn, Kekuatan, Dan Kepopulerannya Saat Ini

Berikut adalah asal usul Harley Quinn, kekuatan, dan bagaimana ia kini, bisa menjadi salah satu karakter yang paling populer.

Rasanya, mustahil sekali jika saat ini, masih sedikit yang mengetahui nama dan sosok Harley Quinn. Karena karakter DC ini, kini sudah meroket banget. Tentunya kepopulerannya difaktori oleh aktris Margot Robbie (I, Tonya) yang sangat pas dan keren dalam memainkannya dalam rana sinematik DC (DCEU).

Walau demikian, gak memungkiri kalau masih banyak dari kita yang belum mengetahui sosoknya secara total. Atau dengan kata lain mengetahui kisah asal usul karakternya ini. Nah oleh karenanya, yuk mari kita simak pembahasan lengkap asal usul Harley Quinn, kekuatan Harley Quinn, dan semua-semuanya berikut ini.

Bukan Karakter Komik

https://www.youtube.com/watch?v=6Fm0BflET9g

Ya benar sekali. Gak seperti karakter DC lainnya yang awalnya muncul di komik, asal usul Harley Quinn justru bukan dari sini. Ia justru adalah karakter orisinil dari Batman: The Animated Series. Seperti kita ketahui, seri ini merupakan seri animasi Batman 90an yang paling hit.

Harley debut dalam episode 7 musim pertama serinya yang berjudul, Joker’s Favor. Episodenya, tayang pada tanggal 11 September, 1992. Harley pertama kali ditampilkan sebagai psikiater magang di Arkham Asylum. Ia masih menggunakan nama lahirnya, Harleen Quinzel.

Ia juga seorang gymnast yang alhasil, menjelaskan kelenturan tubuhnya ketika bertarung. Oh ya, gara-gara skill mumpuninya sebagai gymnast ini pulalah, yang akhirnya membuat Harley mendapatkan beasiswa Gotham City University.

Debut Komik Harley

Jan040209. Sx360 Ql80 Ttd
BCRD Online

Sebelum kita membahas bagaimana ia pertama kali ketemu Joker dan sebagainya, mungkin banyak dari kita yang ingin langsung tahu, kapan dan di komik apakah, Harley melakukan debut komiknya?

Harley melakukan debutnya melalui Batman Adventures #12: Batgirl Day One tahun 1993. Kisahnya ditulis oleh Kelley Puckett. Nah storyline komik ini bisa kita katakan juga merupakan debut Barbara sebagai Batgirl.

Img 0022 1
BCRDOnline

Jadi dalam kisah komik ini, Barbara yang kala itu masih menjadi putri komisaris Polisi Gotham Jim Gordon saja, mengikuti pesta kostum yang diselenggarakan oleh ahli waris kaya raya, Sandy Vanocouer.

Barbara yang terobsesi banget untuk menjadi seperti Batman, lantas mengenakan kostum yang ia buat menyerupai kostum Batman. Iapun kemudian menamai dirinya, Batgirl. Nah ternyata dalam pesta tersebut. Harley & Poison Ivy juga ikut.

Kedunya lantas menculik Sandy dan meminta tebusan sebesar $10 juta. Untunglash Batgirl bisa menyelamatkan Sandy, walau ia harus dipojokkan oleh Harley & Ivy.

Pertama Kali Kenal Joker

Sekarang, baru deh kita bahas bagaimana asal usul Harley Quinn bisa kenal dan akhirnya, menjadi kekasih dari musuh bebuyutan Batman, Joker.

Jadi seperti kita ketahui, hobdesk utama Harley sebagai psikiater Arkham, adalah menganalisa pasien-pasien yang dirawat di Arkham. Tentunya tujuan ia melakukan ini, untuk mengetahui pasien mana-mana saja yang bisa ia bantu untuk sembuh dan balik ke dunia lagi secara “normal”.

Dari semua pasien yang ada, hanya satu pasien yang menurutnya, memiliki kasus yang menarik. Dan yap siapa lagi kalau bukan, Mr. J? Saking tertarik untuk menganalisa si badut kriminal ini, ia sampai meminta persetujuan ke atasannya kurang lebih, 3 bulan sebelumnya agar ia disetujui untuk menjadi terapis Mr. J.

Mendapatkan Simpati dan Menjadi Sidekick Joker

Asal Usul Harley Quinn
Harley Quinn dan Joker | ScreenRant

Selama beberapa kali melakukan sesi terapinya dengan The Clown Prince of Crime, Joker sukses menampilkan cerita hidupnya dengan penuh perasaan. Alhasil, membuat Harley menjadi sangat simpati dan ingin berbuat lebih untuknya.

Sadar Harley sudah bersimpati, Joker pun mulai menggoda dan mempengaruhinya agar Harley bisa jatuh cinta dengannya. Dan ternyata godaannya sukses. Harley jatuh cinta, lalu membantu kekasih barunya ini, untuk kabur dari Arkham.

Ketahuan oleh pihak Arkham, mereka pun mencabut seluruh izin dan kredibiltas prakteknya. Harley pun kemudian dijebloskan ke sel tahanan Arkham seperti pasien-pasien lain yang ia rawat. MIRIS BANGET!

Akan tetapi Harley gak lama-lama mendekam dalam sel-nya. Ketika terjadi gempa bumi di Gotham City, iapun memanfaatkan momen chaos ini untuk kabur. Berhasil lolos, iapun memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Harley Quinn, dan menjadi pasangan (sidekick) Joker.

Hubungan Toxic dan Hampir Dibunuh

Asal Usul Harley Quinn
Harley Quinn | DC Comics

Namun mirisnya, walau sudah “mendedikasikan” dirinya untuk menjadi pasangan hidup Joker, si badut gila justru tidak tahu terima kasih. Joker seringkali bertindak abusive dan manipulatif terhadap kekasihnya ini.

Selain itu, Joker seringkali hanya memanfaatkan kemolekan Harley saja untuk melakukan seri intercourse hubungan intim. Kesemuanya ini berujung pada Joker yang berniat untuk membunuh Harley.

Seperti yang dijelaskan di kontinuitas komiknya, Batman: Harley Quinn #1 (1999), Joker berniat membunuh Harley dengan meluncurkannya di sebuah roket. Namun dewi fortuna masih berpihak pada Harley.

Asal Usul Harley Quinn
Harley Quinn dan Poison Ivy | DC Comics

Pasalnya, roketnya justru malah mendarat (crash landed) di area bernama Robinson Park. Nah area ini ternyata telah dikuasai oleh Poison Ivy. Awalnya, Ivy ingin membunuh Harley. Namun setelah mendengar kisah hidup dan apa yang baru terjadi terhadap Harley, Ivy pun menjadi iba.

Iapun lantas berinisiatif untuk menyembuhkan dan juga memberikan booster kekuatan melalui feromon dan racun-racun lain ciptaannya. Alhasil gara-gara seluruh ramuan racun Ivy ini, Harley pun kin jauh lebih kebal dan juga lebih kuat untuk melakukan pertarungan tangan kosong bahkan, dengan Batman.

Gotham City Sirens dan Jatuh Cinta Lagi Dengan Joker

https://www.youtube.com/watch?v=eqsWVCVVNvo

Nah, gara-gara bantuan super berharga yang Ivy berikan ini, alhasil Ivy dan Harley pun menjadi sahabat dekat. Keduanya pun kemudian menjadi duo kriminal dengan nama Gotham City Sirens.

Nanti dalam perjalanannya, tim ini akan menambah 1 villain wanita ikonik DC lainnya yang gak lain dan gak bukan adalah Selina Kyle aka Catwoman. Oke, setelah berhasil mendapatkan kekuatan barunya ini, Harley memutuskan untuk mencari dan membunuh Joker.

Untuk meluluskan niatannya ini, iapun bekerjasama dengan Batman. Dan Harley berhasil mengejar dan memojokkan Joker di dalam sebuah gedung yang sudah mau runtuh. Dan ketika Harley siap untuk membunuhnya, Joker pun meminta maaf.

Lagi-lagi, simpati dengan permintaan maafnya, Harley pun memaafkan dan kembali lagi jatuh cinta dengan Joker (BUSET DAH! He…he..he). Dan semenjak inilah, Harley terus menjadi partner sekaligus kekasih Joker. Walau memang, pada saat yang sama, ia juga beraksi bersama geng Sirens-nya.

Kepopuleran Harley Quinn

Seperti yang gue katakan sebelumnya, Harley Quinn kini menjadi sosok yang populer. Ia menjadi salah satu karakter Batman yang terkenal banget. Dan semuanya, sekali lagi, terima kasih dengan Margot Robbie yang sangat brilian dalam memerankannya dalam film-film DCEU.

Akan tetapi, jauh sebelum Robbie dan DCEU, sosok Harley sebenarnya sudah ngetop juga. Hal ini karena kesuksesan seri yang memperkenalkannya, Batman: The Animated Series beserta atribut-atribut ikonik miliknya.

Spesifiknya, atribut tersebut adalah kostum jenis Jester merah hitam, palu besar (mallet), gag-pistol, dan tentunya tongkat baseball yang mulai ia gunakan di lini komik New 52. Nah Harley versi New 52 inilah yang kemudian diadaptasi oleh karakter Quinn-nya Robbie di DCEU.

Kekuatan Harley Quinn

Setelah membahas seluruh asal usul Harley Quinn dan juga kepopulerannya tersebut, mari sekarang kita bahas kekuatan Harley Quinn. Loh emangnya Harely punya kekuatan super gitu?

Ya secara teknis sih antara ya dan tidak. Ia memang manusia biasa dan kerap menggunakan senjata. Tapi pada saat yang sama, gara-gara mendapatkan suntikan racun Ivy, maka kekuatannya pun kini menjadi berlipat-lipat kali lebih kuat.

Untuk lebih jelasnya, inilah kekuatan-kekuatan yang Harley Quinn miliki tersebut.

1. IQ Tinggi

Ya seperti yang kita baca pada awal paragraf pembahasan, Harley adalah sosok yang cerdas. Selain ia piawai dalam urusan olahraga (gymnast), ia juga psikiater handal.

Bahkan, ia juga ahli dalam urusan psiko analisis dan kriminologi. Waduh, miris banget ya. Kriminologi malah jadi kriminal.

2. Master Akrobat

Karena ia seorang gymast handal, maka iapun bisa melenturkan seluruh badan / gerakannya ketika ia sedang dalam bahaya. Hanya Dick Grayson aka Nightwing dan Catowman, yang bisa menyamai kemampuannya ini.

Nah dalam film The Suicide Squad yang kini tayang di bioskop Indonesia, ada satu adegan yang memperlihatkan skill Harley ini. Dan gokilnya, Robbie melakukan sendiri semua adegannya.

3. Kebal Racun & Bisa Bertarung

Gara-gara mendapatkan suntikan dari Poison Ivy, Harley pun menjadi jauh lebih kuat ketika bertarung. Dan, iapun juga kebal dengan racun-racun baik yang berasal atau bukan berasal dari Ivy.


Itulah tadi pembahasan lengkap asal usul Harley Quinn, kekuatan Harley Quinn, dan juga kepopularitasannya yang tinggi saat ini. Semoga pembahasannya bermanfaat ya guys!

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment