10 Superhero DC Yang Berubah Menjadi Villain

in , ,
Superhero Dc Menjadi Villain

Seperti halnya di dunia nyata, kekuatan absolut seringkali dapat rusak sang pemiliknya. Beberapa superhero DC bisa berubah menjadi jahat oleh upaya balas dendam dan ada juga yang disebabkan oleh peristiwa traumatis.

Banyak pahlawan super yang pada satu titik menyerah pada keadilan dan berubah menjadi jahat. Terkadang ada dari mereka kembali ke jalan kebenaran dan menebus dosa masa lalu mereka, ada juga yang tidak.

Seperti yang dikatakan Harvey Dent dalam The Dark Knight: “You either die a hero, or you live long enough to see yourself become the villain.”

Kali ini Dafunda Komik akan membahas tentang 10 Superhero DC yang berubah menjadi villain. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut ini.

Superhero DC Yang Berubah Menjadi Villain

10. Terra

Terra Dc Comics

Terra awalnya dianggap sebagai pahlawan, yang ternyata dia adalah seorang penjahat. Terra, bersama dengan Nightwing, Kid Flash, dan Red Arrow adalah anggota Teen Titans yang sudah berjuang dalam pertarungan selama bertahun-tahun.

Dia berteman baik dengan anggota tim lainnya dan menjadi salah satu dari mereka. Semua itu tentu akan meningkatkan kejutan penghianatannya di akhir.

Sepanjang masa jabatannya bersama Teen Titans, Terra ternyata memberikan informasi rahasia ke Deathstroke, termasuk identitas rahasia semua Titans. Tindakan inilah yang akhirnya membuat Titans mengetahui bahwa Terra adalah seorang pengkhianat.

9. Superboy-Prime

Superboy Prime

Salah satu Bumi dalam multiverse DC Comics adalah Earth-Prime (Bumi kita). Sebuah dunia di mana pahlawan super seperti Batman, Superman, dan Wonder Woman hanya ada dalam buku komik.

Di dunia itu ada Superboy-Prime, seorang pria muda dengan kekuatan Superman. Dalam serangkaian peristiwa selama acara crossover Crisis on Infinite Earths, Superboy-Prime berakhir di Paradise Dimension bersama dengan Golden Age Superman, Earth-Two Lois Lane, dan Earth-Three Lex Luthor.

Ketika berada di Paradise Dimension, Superboy-Prime merasa frustrasi karena bisa melihat Bumi-One (Bumi utama yang baru) dan tidak diizinkan menjadi bagian darinya.

Suatu hari, ia mulai memukul penghalang realitas, mencoba menerobos dinding. Akhirnya ia berhasil dengan bantuan Alexander Luthor yang keduanya meluncurkan acara crossover Infinite Crisis. Selama acara ini, Superboy-Prime melukai dan membunuh beberapa anggota Teen Titans, Doom Patrol, dan Justice Society and America.

Sayangnya, Infinite Crisis hanyalah awal dari hidupnya sebagai seorang supervillain dan berakhir dipenjara oleh Guardians of the Universe.

8. Sinestro

Sinestro

Meskipun Sinestro bukanlah “superhero,” pada umumnya, ia adalah anggota terkemuka dari Green Lantern Corps. Dirinya bahkan menjadi instruktur Hal Jordan ketika ia pertama kali direkrut bergabung dengan Corps.

Namun karena metode diktatornya, dan fakta bahwa ia memilih untuk menaklukkan planet asalnya untuk menjaga ketertiban, Sinestro akhirnya berpindah dari menjadi salah satu Green Lentera Corps ke musuh terbesar yang abadi.

Menggunakan cincinnya untuk menanamkan rasa takut daripada harapan, mengubah Sinestro ke jalan yang gelap. Hal ini membuatnya diasingkan oleh Guardians of the Universe ke alam semesta materi negatif.

Di sanalah Sinestro bertemu ras ilmuwan dan pejuang, yang dikenal sebagai Weaponers of Qward. Dia memicu kebenciannya pada Green Lantern Corps. Mereka bersumpah untuk membantu Sinestro mencapai pembalasannya dan mengembalikannya ke alam semesta kita.

Dengan menciptakan Yellow Ring untuk menangkal kekuatan Green Lanterns, mulainya pertempuran yang tidak ada akhirnya antara Sinestro dan Green Lanterns.

7. The Comedian

The Comedian Watchmen

Ketika Alan Moore menciptakan The Watchmen, ia menciptakan seri yang akan mengubah arah Komik secara keseluruhan. Menggunakan karakter dari Charleston Comics sebagai titik awal, Moore akan membangun dunia yang lebih gelap dan jauh lebih sinis di sekitar para superhero yang baru dibuatnya.

Salah karakter tersebut adalah Edward Blake alian The Comedian. The Comedian mungkin adalah pahlawan selama perang Vietnam. Namun dia tidak selamanya tetap seperti itu.

Edward Blake sering terlihat menggunakan topengnya dan kekuatannya untuk membunuh, melukai, dan (secara seksual) menyerang siapa saja yang disukainya.

6. Ozymandias

Ozymandias Watchmen

Karakter lain ciptaan Alan Moore yang jahat sekaligus anggota Watchmen adalah Ozymandias. Ozymandias atau dikenal sebagai Adrian Veidt adalah ‘orang terpintar di dunia’. Dia hanyalah pria jahat yang serba bisa. Adrian Veidt memandang rendah dunia di sekitarnya, dan semua orang di dalamnya.

Dia adalah orang yang bertanggung jawab di balik peristiwa Watchmen dan ialah yang bertanggung jawab atas pembunuhan The Comedian.

Seperti halnya Thanos dari MCU, Veidt percaya bahwa dunia yang damai datang dari pengorbanan yang besar.

Dia berniat menghancurkan dan menghentikan perang dengan cara meluncurkan energi besar yang seolah-olah disebabkan oleh Doctor Manhattan. Pada akhir serinya, dia benar-benar pantas menyandang gelar orang terpintar di dunia.

5. Jason Todd

Red Hood

Setelah Dick Grayson beralih dari Robin menjadi Nightwing, Batman membutuhkan sidekick lain untuk membantunya dalam beraksi. Disinilah diperkenalkan Jason Todd sebagai Robin kedua Batman.

Namun Jason Todd secara tragis dibunuh oleh Joker dalam komik Batman: A Death in the Family. Joker memukulinya dengan linggis dan kemudian dibiarkan mati dalam ledakan.

Berkat Talia al Ghul, Jason Todd dibawa ke Lazarus Pit untuk penyembuhan untuk mengembalikan tubuh dan ingatannya. Akan tetapi Todd meninggalkan Lazarus Pit dalam keadaan yang tidak stabil.

Ketika Jason mengetahui dirinya diberikan kesempatan kedua, ia memutuskan untuk melakukan hal-hal yang sangat berbeda kali ini. Dia melawan Batman dengan moralnya yang diajarkan “Tidak ada senjata. Tidak membunuh ”. Bagi Jason, satu-satunya hal yang pantas diterima oleh penjahat adalah kematian.

4. Shazam

Superhero Dc Villain
Shazam Evil | Den of Geek

Billy Batson alias Captain Marvel (yang telah berganti nama menjadi Shazam, karena keluhan merek dagang dari Marvel Comics) adalah salah satu dari sedikit pahlawan super di DC Universe yang dapat menyaingi Superman.

Dengan meneriakkan kata Shazam, Billy Batson muda berubah menjadi pahlawan super Shazam, yang memiliki kekuatan tujuh dewa Yunani-Romawi. Meskipun hati Shazam murni, ada beberapa kesempatan ia mencoba membunuh Superman dan menghancurkan dunia.

Dalam novel grafis Mark Waid Kingdom Come, Billy Batson yang sudah dewasa (yang sekarang tidak dapat dibedakan dari persona superhero-nya) berada di bawah kendali Lex Luthor.

Luthor menggunakan Shazam untuk melawan Justice League dan Outsiders. Karena kekuatan Shazam sama dengan kekuatan Superman, Shazam hampir membunuhnya dan menghanguskan tubuh Superman.

Akan tetapi pada akhirnya, Shazam membebaskan diri dari kendali Luthor. Dia mengorbankan dirinya dengan meledakkan bom sebelum yang dimaksudkan untuk membunuh semua metahuman di bumi.

3. Hal Jordan

Superhero Dc Jadi Jahat

Meskipun ada beberapa pasukan Green Lantern Corps yang berpindah ke Yellow Ring, tidak ada orang yang jatuh terlalu dalam seperti Hal Jordan. Setelah kota asalnya Coast City dihancurkan oleh Mongul dan Hank Hanshaw, Hal hampir menjadi gila.

Dia menggunakan cincinnya untuk menciptakan kembali kota serta keluarga dan teman-temannya. Belakangan juga terungkap bahwa Hal dikendalikan oleh entitas Emosional karena rasa takut itu sendiri, yaitu Parallax.

Itu adalah alasan yang cukup untuk membuat seorang Hal Jordan beralih ke sisi gelap. Dengan kekuatan barunya, ia sudah membunuh Kilowog, menghancurkan Green Lantern Corps, dan membunuh hampir semua Guardians.

2. Superman

Superhero Dc Menjadi Villain

Superhero DC yang menjadi Villain selanjutnya adalah Superman. Dia mungkin adalah salah satu makhluk paling kuat di DC Universe. Akan tapi Superman tetap memiliki sifat gelap dalam dirinya seperti halnya superhero lain.

The Man of Steel yang merupakan ikon untuk semua pahlawan super, telah berada dalam jalan kejahatan beberapa waktu. Semua itu ketika ia berada di bawah kendali Darkseid dan kemungkinan akan melakukannya lagi.

Tapi ada satu cerita yang tampaknya disiapkan untuk film Justice League di masa depan. Dilihat oleh urutan Knightmare dan pesan selanjutnya dari The Flash di Batman v Superman: Dawn of Justice karya Zack Snyder, mungkin ada kemungkinan kita akan melihat adaptasi Injustice: Gods Among Us di layar lebar segera.

Bagi yang belum tahu, cerita Injustice menggambarkan kenyataan di mana Joker menghancurkan Metropolis dengan bom nuklir dan menipu Superman untuk membunuh Lois Lane yang sedang hamil.

Frustasi karena kehilangan keluarga dan rumahnya, Superman membunuh Joker dan membangun tatanan dunia baru. Batman tentu saja tidak setuju dengan itu dan membentuk pemberontakan, dan karenanya memulai perang dunia. Faktanya adalah, Superman telah menjadi jahat beberapa kali atas kehendaknya sendiri dan terkadang karena terpaksa.

1.Batman

Superhero Dc Menjadi Jahat

Bersama dengan Batman Who Laughs, kita telah diperkenalkan pada versi yang paling gelap dari The Batman. Dalam Dark Multiverse, Joker berhasil membuat Batman untuk melanggar aturannya yang tidak boleh membunuh.

Joker memaksa Batman untuk menyaksikan pembunuhan yang ia lakukan terhadap orang tua di depan anak-anaknya. Merasa sangat marah, Batman memukul Joker dan mematahkan lehernya.

Sayangnya setelah kematian Joker, racun tersebut terlepas dan menginfeksi Batman. Semenjak hal itu lahirlah Batman Who Laugh yang telah membantai seluruh anggota Bat-Family (Alfred, Robin, Nightwing, Bat Woman).


Nah itulah 10 Superhero DC yang berubah menjadi Villain. Kunjungi terus Dafunda untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai film, game, komik dan masih banyak lagi.

2 Comments

Leave a Reply

    Ayo mulai berdiksusi